FILSAFAT BAHASA ATOMISME LOGIS BERTRAND RUSSELL SEBAGAI INSTRUMEN MEMAHAMI HOAKS (Study Kasus Hoaks Modifikasi Berita Kompas Di Media Sosial tentang Basuki Tjahaja Purnama)

ABD. Shamat, NIM. 17105010071 (2022) FILSAFAT BAHASA ATOMISME LOGIS BERTRAND RUSSELL SEBAGAI INSTRUMEN MEMAHAMI HOAKS (Study Kasus Hoaks Modifikasi Berita Kompas Di Media Sosial tentang Basuki Tjahaja Purnama). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FILSAFAT BAHASA ATOMISME LOGIS BERTRAND RUSSELL SEBAGAI INSTRUMEN MEMAHAMI HOAKS (Study Kasus Hoaks Modifikasi Berita Kompas Di Media Sosial tentang Basuki Tjahaja Purnama))
17105010071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FILSAFAT BAHASA ATOMISME LOGIS BERTRAND RUSSELL SEBAGAI INSTRUMEN MEMAHAMI HOAKS (Study Kasus Hoaks Modifikasi Berita Kompas Di Media Sosial tentang Basuki Tjahaja Purnama))
17105010071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya tulisan ini berangkat dari kegelisahan penulis, terhadap fenomena masyarakat modern tentang hoaks, serta hoaks yang berkaitan dengan penista agama, sering kali melibatkan Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dalam sejarah Hoaks yang ada di Negara ini, Ahok cenderung terkenal, dengan seseorang yang menistakan agama Islam, bahkan sampai saat ini, sebagian lapisan masyarakat Indonesia, mengenal Ahok sebagai seseorang yang akan menghancurkan keberagaman bangsa, hal tersebut disebabkan oleh Hoaks yang kerap tersebar di media sosial, seperti Facebook, twitter, dll. Dari kegelisahan, seakan perlu bagi penulis menawarkan krangka berfikir filsafat, untuk meminimalisir hoaks yang sering tersebar di media sosial. Maka dari itu, penulis menyusun rumusan masalah sebagai berikut, Apa yang dimaksud dengan filsafat bahasa atomisme logis Bertrand Russell? Bagaimana hoaks yang berkatan dengan Ahok di media sosial? Bagaimana atomisme logis Bertrand Russell memahami hoaks tersebut? Adapun tujuan dari penelitian ini, pertama, memahami filsafat bahasa atomisme logis Bertrand Russell. Kedua, bisa megetahui hoaks tentang Ahok di media sosial. Ketiga, mampu memahami atomisme logis, sebagai instrument memahami hoaks. Dengan begitu masyarakat tidak akan lagi dibayangi ketakutan, pada hoaks yang seringkali ada di media sosial. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan filsafat bahasa atomisme logis Bertrand Russell, untuk memhami fenomena hoaks di media sosial. Dengan menggunakan pendekatan analisis logis, seperti proposisi atomik dan majemuk, corak logis (logical types) serta fungsi kebenaran, diharapakan mampu melihat serta memahami struktur bahasa yang digunakan oleh individu yang kerap kali menyebarkan berita bohong di media sosial. serta sintesa logis, seperti ishomorfi yang berfungsi, kesepadanan, antara struktur bahasa dengan strukturr realitas. Dari data yang penulis temukan, menunjukkan, bahwa informasi yang berkaitan dengan Ahok di media sosial, sangat berbeda dengan yang ada dalam realitas. Di media sosial menunjukkan bahwa Ahok, tidak akan memberikan anggaran APBD, untuk pembangunan Masjid dan menaikkan Haji Marbut, seperti agenda pemerintah sebelumnya. Dalam realitas empiris, Ahok memberikan anggaran untuk pembangunan Masjid Raya Jakarta, serta Masjid Raya, KH. Hasyim Asy’ari, serta Ahok memberangkatkan tiga puluh Marbut, untuk beribadah ketanah suci Mekah. Sehingga dengan begitu, informasi yang ada di media sosial tidak bermakna (hoaks), sebab tidak sama dengan yang ada dalam realitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Alim Roswantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: hoaks; Athomisme logis; Bertrand Russell; kebenaran; corak logik
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Literasi Informasi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Jun 2022 10:46
Last Modified: 06 Jun 2022 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51183

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum