KONTEKSTUALISASI QUR`AN SURAT AN NAHL AYAT 68-69 TENTANG MANFAAT MADU BAGI KESEHATAN MANUSIA DIMASA PANDEMI (STUDI TEORI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED)

Dicky Candra Firmansyah, NIM.: 18105030063 (2022) KONTEKSTUALISASI QUR`AN SURAT AN NAHL AYAT 68-69 TENTANG MANFAAT MADU BAGI KESEHATAN MANUSIA DIMASA PANDEMI (STUDI TEORI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTEKSTUALISASI QUR`AN SURAT AN NAHL AYAT 68-69 TENTANG MANFAAT MADU BAGI KESEHATAN MANUSIA DIMASA PANDEMI (STUDI TEORI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED))
18105030063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONTEKSTUALISASI QUR`AN SURAT AN NAHL AYAT 68-69 TENTANG MANFAAT MADU BAGI KESEHATAN MANUSIA DIMASA PANDEMI (STUDI TEORI TAFSIR KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED))
18105030063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kajian terhadap kitab suci umat Islam ini yaitu Al Qur`an dari berbagai segi, terutama segi penafsirannya selalu menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan, Dalam pembahasan skripsi ini berangkat dari keadaan pandemi Covid 19, tidak hanya di Indonesia saja bahkan mendunia dan menjadi salah satu masalah kesehatan yang menjadi perhatian berbagai macam kalangan. Penulis berusaha mengangkat judul “Kontekstualisasi Qur`an Surat An-Nahl ayat 68-69 tentang manfaat madu bagi kesehatan manusia dimasa pandemi (Studi teori Tafsir Kontekstual Abdullah Saeed)”. Penelitian ini menggunakan metode penafsiran kontekstual Abdullah Saeed. Pemilihan metode ini sesuai karena perlunya gagasan kontekstual terhadap ayat Al-Qur’an dalam menyikapi realitas yang dinamis. Terdapat 4 stages yang diterapkan dalam menganalisis suatu ayat menurut Abdullah Saeed, 1). Perjumpaan dengan dunia teks, 2). Analisis Teks, 3). Mencari makna penerima pertama, 4). Mencari makna kontekstual di era sekarang. Penelitian pada skripsi ini bersifat kajian pustaka (library research) yang mengumpulkan data dari sumber primer dan sekunder. Dengan menggunakan metode analisis yang digunakan adalah tafsir tahlili yang mempunyai fokus utama untuk menjelaskan makna AlQur`an secara gamblang. Adapun hasil yang penulis dapatkan dari penelitian ini adalah bahwa firman Allah SWT pada surat An-Nahl ayat 68-69 sangat relevan dengan keadaan pandemi ini, kesehatan menjadi salah satu hal yang sangat penting dimasa pandemi, dan manfaat madu serta pengobatan menggunakan madu sudah dilakukan dan dicontohkan dari zaman Rasulullah SAW, zaman sahabat, tabi`in hingga zaman ini. Pada saat pandemi, madu menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh manusia serta menjadi obat untuk yang sudah terpapar covid. Baik dari segi agama maupun medis semuanya mendukung pengobatan menggunakan madu, asalkan madu yang murni, ini dikuatkan dengan tercantumnya ayat-ayat madu dibeberapa kitab suci selain Al-Qur`an. Yaitu Al-Kitab, Tripitaka dan Weda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitriana Firdausi, S. Th.I., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: madu; Surat An-Nahl; kesehatan; virus corona
Subjects: Kesehatan
Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Jun 2022 13:39
Last Modified: 06 Jun 2022 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum