IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA’ DALAM KETERAMPILAN MENULIS HURUF ARAB PEGON MUSTAWA I’DAD MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Aisyatul Humairoh, NIM.: 15420067 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA’ DALAM KETERAMPILAN MENULIS HURUF ARAB PEGON MUSTAWA I’DAD MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA’ DALAM KETERAMPILAN MENULIS HURUF ARAB PEGON MUSTAWA I’DAD MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420067_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA’ DALAM KETERAMPILAN MENULIS HURUF ARAB PEGON MUSTAWA I’DAD MADRASAH SALAFIYAH III AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420067_BAB II_Sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi pembelajaran Imla‟ dalam keterampilan menulis huruf Arab pegon Mustawā I’dād Madrasah Salafiyah III (2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi pembelajaran Imla‟ dalam keterampilan menulis huruf Arab pegon Mustawā I’dād Madrasah Salafiyah III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek formal dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran Imlā‟, sedangkan objek materialnya adalah keterampilan menulis huruf arab pegon di Madrasah salafiyah III. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) implementasi pembelajaran Imlā‟ dalam keterampilan menulis huruf Arab pegon berjalan dengan baik dan efektif dengan menggunkan metode tanya jawab dan metode dikte, hal ini ditunjukkan aktifnya peserta didik ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. (2) Terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung yang bisa menunjang keberhasilan atau tidaknya suatu kegiatan, meskipun faktor penghambat lebih mendominasi daripada faktor pendukung, namun peserta didik yang belum pernah belajar dipondok pesantren belajar mereka tidak pantang menyerah dalam belajar menulis huruf Arab pegon, hal ini ditunjukkan oleh hasil wawancara dari salah satu peserta didik yang baru pertama kali mengenal dengan huruf Arab pegon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, MM,
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Imla‟, Huruf Arab Pegon, Menulis.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Jun 2022 13:53
Last Modified: 10 Jun 2022 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51196

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum