EKSPERIMENTASI MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU CANDIRENGGO TAHUN AJARAN 2018/2019

Kholisna Zakiyatun Nufus, NIM.: 15420118 (2019) EKSPERIMENTASI MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU CANDIRENGGO TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU CANDIRENGGO TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420076_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU CANDIRENGGO TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420076_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini karena adanya fakta kongkrit yang terjadi di MI Ma‟arif Candirenggo tentang pembelajaran yang dilaksanakan melalui hasil wawancara dengan beberapa siswa dan guru bahasa Arab disana yang terkesan monoton dengan menggunakan metode langsung serta kurangnya penerapan media dalam pembelajaran. Oleh karen itu penulis mencoba menerapkan media pembelajaran berupa permainan edukaif bahasa Arab berupa media monopoli. Mengapa penulis memilih media monopoli sebagai media pembelajaran yang akan diterapkan, karena media monopoli merupakan permainan yang sangat populer di kalangan anak-anak maupun remaja dan membutuhkan kerjasama kelompok dalam melaksanakannya dengan begitu siswa-siswa akan lebih aktif dan mampu bekerjasama dengan siswa yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) Bagaimana pengaruh media monopoli dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Ma‟arif NU Candirenggo. b) Seberapa besar pengaruh media monopoli dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Ma‟arif NU Candirenggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen one grup tanpa ada pembagian kelas kontrol dan eksperimen untuk membandingkan hasil pembelajaran antara keduanya, perbandingan hasil pembelajaran dilakukan dengan membandingkan antara hasil uji dalam pretest dan posttest pada kelas V. teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Test dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media monopoli dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Hal ini di buktikan dalam perolehan nilai anak berdasarkan pretest dan posttest meningkat hingga 82.93 yang sebelumnya 68.48. Hasil perhitungan dari t-test diperoleh = 0,000 sedangkan = 0,423 dengan taraf signifikan 5%. Taraf signifikansi 0.000 < 0.05 dengan demikian maka terdapat perbedaan yang segnifikan dan dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu adanya perbedaan dan peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media monopoli yang menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab dengan N-gain sebesar 14.44. Maka dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Arab bahasa Arab lebih meningkat setelah menggunakan media monopoli pada pembelajaran kosakata bahasa Arab bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, kosakata bahasa Arab, Media Monopoli
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Jun 2022 15:02
Last Modified: 10 Jun 2022 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51198

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum