KONSELING EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (EFT) UNTUK MENURUNKAN PSIKOSOMATIS STUDI TERHADAP PENDERITA LOW BACK PAIN (LBP) DI DESA PREMBAN SUKOHARJO JAWA TENGAH

Syeilla Amrina Rosyada, S.Sos, NIM.: 19200012026 (2022) KONSELING EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (EFT) UNTUK MENURUNKAN PSIKOSOMATIS STUDI TERHADAP PENDERITA LOW BACK PAIN (LBP) DI DESA PREMBAN SUKOHARJO JAWA TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (EFT) UNTUK MENURUNKAN PSIKOSOMATIS STUDI TERHADAP PENDERITA LOW BACK PAIN (LBP) DI DESA PREMBAN SUKOHARJO JAWA TENGAH)
19200012026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSELING EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (EFT) UNTUK MENURUNKAN PSIKOSOMATIS STUDI TERHADAP PENDERITA LOW BACK PAIN (LBP) DI DESA PREMBAN SUKOHARJO JAWA TENGAH)
19200012026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Low back pain (LBP) merupakan suatu gejala yang menyerang fungsi tulang dan otot tubuh pada bagian punggung bawah manusia. Dengan adanya terapi emotional freedom technique (EFT) diharapkan seseorang dapat memberikan pengaruh pada diri sendiri agar terhindarnya dari gangguan emosional dan psikosomatis baik itu stres dan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan kesembuhan terhadap pemberian terapi emotional freedom technique (EFT) pada seseorang yang terserang sakit nyeri punggung bawah atau low back pain (LBP). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, subjek penelitian adalah warga desa Premban Sukoharjo dengan kriteria memiliki gejala psikosomatis berupa kecemasan dan stres yang dikarenakan faktor nyeri punggung bawah atau low back pain (LBP). Teknik pengumpulan dan analisis data menggunakan data primer dan data sekunder, dengan analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa faktor penyebab terjadinya low back pain (LBP) terjadi dikarenakan terdapat dua faktor yang melatarbelakanginya yaitu pertama, adanya sebuah kelainan musculoskeletal yang menyerang gangguan fungsi pada bagian tubuh tertentu. Kedua, faktor yang disebabkan oleh adanya gangguan psikosomatis stres dan kecemasan. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa terapi emotional freedom technique (EFT) memiliki peran aktif dalam proses penurunan kecemasan dimana merupakan terapi alternatif yang dapat mengatasi tekanan emosional melalui pemberian ketukan atau tapping pada 18 titik bagian tubuh. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah perubahan yang signifikan terhadap rasa sakit nyeri punggung bawah dan penurunan gejala psikologis setelah pelaksanaan terapi emotional freedom technique (EFT).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si., Psi
Uncontrolled Keywords: Emotional Freedom Technique (EFT), Gejala Psikologis, Low Back Pain (LBP).
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Jun 2022 15:08
Last Modified: 24 Jun 2022 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51199

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum