PEMAHAMAN HADIS TENTANG LI’AN PERSPEKTIF SYEKH HUSAIN BIN MUHAMMAD AL-MAGHRIBI (Studi Kitab Badru At-Tamam Syarah Bulugh Al-Maram)

Nur Arifa, NIM.: 18105050111 (2022) PEMAHAMAN HADIS TENTANG LI’AN PERSPEKTIF SYEKH HUSAIN BIN MUHAMMAD AL-MAGHRIBI (Studi Kitab Badru At-Tamam Syarah Bulugh Al-Maram). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMAHAMAN HADIS TENTANG LI’AN PERSPEKTIF SYEKH HUSAIN BIN MUHAMMAD AL-MAGHRIBI (Studi Kitab Badru At-Tamam Syarah Bulugh Al-Maram))
18105050111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMAHAMAN HADIS TENTANG LI’AN PERSPEKTIF SYEKH HUSAIN BIN MUHAMMAD AL-MAGHRIBI (Studi Kitab Badru At-Tamam Syarah Bulugh Al-Maram))
18105050111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kitab Badru At-Tamam Syarah Bulugh al-Maram karya Syekh Husain bin Muhammad al-Maghribi merupakan salah satu kitab yang men-syarah kitab hadis yang sangat populer dan banyak dikaji di pesantren-pesantren di Indonesia yaitu Kitab Bulugh al-Maram. Di antara kitab-kitab syarah Bulugh al-Maram yang lain, penulis kitab ini yaitu Syekh Husain bin Muhammad al-Maghribi menempatkan porsi yang besar terhadap pemahaman hadis dengan menggunakan perspektif keilmuwan Hadis. Tidak hanya itu, kajian ini menjadi lebih menarik lagi jika dilihat dari aspek objektifitas Syekh Husain bin Muhammad al-Maghribi dalam mensyarah kitab Badru at-Tamam dengan memaparkan pendapat-pendapat Ulama mazhab Sunni, padahal beliau sendiri menganut Mazhab Zaidiyah. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman hadis di dalam kitab ini khususnya dalam bab tentang hadis-hadis li’an. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan berbasis library research (kajian pustaka). Penelitian ini kemudian menghasilkan beberapa hal, yaitu: 1). Pemahaman hadis-hadis tentang li’ȃn perspektif Syekh Husain bin Muhammad al-Maghribi di dalam kitab Badrut At-Tamam Syarah Bulugh al-Maram menggunakan metode riset Tokoh Prof. Dr. Kh. Abdul Mustaqim sehingga menghasilkan beberapa pemahaman sebagai berikut: 1) Pandangan Syekh Husain bin Muhammad terhadap hadis Ahad. 2) Menerima hadis-hadis mursal. 3) Tidak hanya mendahulukan hadis riwayat ahlul bait. 4) Hadis tidak boleh bertentangan dengan al-Qur’an. 2) pemahaman hadis mengenai li’an juga masih sangat relevan di tengah banyaknya isu perceraian di masyarakat modern. 3) Terdapat sembilan hadis di dalam bab li’an yang dibahas di dalam kitab ini yang memuat 1 hadis mursal, 2 hadis da’if, dan 6 hadis Sahih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Indal Abror, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Li'an; hadis era Klasik; haditsera pertengahan; suami istri
Subjects: Ilmu Hadits
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jun 2022 14:17
Last Modified: 07 Jun 2022 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum