Muhammad Iqbal Zamzami, NIM.: 16420020 (2020) STUDI KOMPARASI ANTARA KITAB QAWA’ID AL-ASASIYYAH LIL AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH DAN KITAB AT-TUHFAH AS-SANIYYAH BI MUQADDIMAH AL JURRUUMIYYAH (Analisis Materi dan Metode Pembelajaran Nahwu). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STUDI KOMPARASI ANTARA KITAB QAWA’ID AL-ASASIYYAH LIL AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH DAN KITAB AT-TUHFAH AS-SANIYYAH BI MUQADDIMAH AL JURRUUMIYYAH (Analisis Materi dan Metode Pembelajaran Nahwu))
16420020_BAB-1_BAB V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (19MB) | Preview |
|
![]() |
Text (STUDI KOMPARASI ANTARA KITAB QAWA’ID AL-ASASIYYAH LIL AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH DAN KITAB AT-TUHFAH AS-SANIYYAH BI MUQADDIMAH AL JURRUUMIYYAH (Analisis Materi dan Metode Pembelajaran Nahwu))
16420020_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep isi materi dan juga metodologi pembelajaran nahwu yang meliputi aspek seleksi, gradasi, presentasi dan repetasi dari kitab Qawa’id al-Asasiyyah lil-Lughah al-‘Arabiyyah dan kitab At-Tuhfah As-Saniyyah Bi Muqaddimah Al Jurrumiyyah serta komparasi keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (library research). Objek penelitian ini adalah kitab Qawa’id al-Asasiyyah lil-Lughah al- ‘Arabiyyah dan kitab At-Tuhfah As-Saniyyah Bi Muqaddimah Al Ajurrumiyyah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis komparatif. Hasil dari penelitian ini berupa komparasi kedua kitab tersebut, kedua kitab ini sama-sama menggunakan metode deduktif (qiyasi) dalam metodologi pembelajaran nahwunya. Dari aspek seleksi, kosakata kitab Qawa’id al-Asasiyyah lil-Lughah al-‘Arabiyyah memiliki tujuan untuk mengaplikasikan ilmu nahwu pada syair Arab, ayat Al-Qur’an dan bacaan bertema tertentu, sedangkan kitab At- Tuhfah As-Saniyyah Bi Muqaddimah Al Jurrumiyyah membantu dalam memahami ungkapan-ungkapan bahasa Arab sehari-hari. Kemudian dari aspek gradasi, kitab Qawa’id al-Asasiyyah lil-Lughah al-‘Arabiyyah pada umumnya menggunakan gradasi lurus, akan tetapi pada beberapa subbab menggunakan gradasi putar. Sedangkan kitab At-Tuhfah As-Saniyyah Bi Muqaddimah Al Jurrumiyyah sepenuhnya menggunakan gradasi lurus. Kemudian dari aspek presentasi, strategi pembelajaran yang digunakan pada kitab Qawa’id al-Asasiyyah lil-Lughah al-‘Arabiyyah lebih berfokus pada analisis i’rab pada sebuah teks bacaan baik berupa naskah, koran majalah, Al-Qur’an, dll. Sedangkan kitab At- Tuhfah As-Saniyyah Bi Muqaddimah Al Jurrumiyyah lebih berfokus pada penguatan kaidah nahwu. Kemudian aspek repetisi, kedua kitab ini konsepnya sama sama menggunakan soal-soal dan latihan. Selain berupa soal dan latihan, ada suplemen berupa i’rab untuk menguatkan materi tentang qawa’id
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Dr. Dailatus Syamsiyah, M. Ag |
Uncontrolled Keywords: | Studi Komparasi, Qawa’id al-Asasiyyah lil-Lughah al-‘Arabiyyah, At-Tuhfah As-Saniyyah Bi Muqaddimah Al Ajurrumiyyah, Pembelajaran Nahwu. |
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 15:16 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 15:16 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51205 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |