PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PORTABLE ENGKLEK ARABIC DI KELAS 4 MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Teatantia, NIM.: 16420044 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PORTABLE ENGKLEK ARABIC DI KELAS 4 MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PORTABLE ENGKLEK ARABIC DI KELAS 4 MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
16420044_BAB-I_BAB V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PORTABLE ENGKLEK ARABIC DI KELAS 4 MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
16420044_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media portable engklek dalam pembelajaran bahasa Arab, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui respon peserta didik terhadap media tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu: penggalian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk,uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Kelayakan produk ditinjau oleh satu dosen ahli media, satu dosen ahli materi, satu guru sebagai reviewer dan direspon oleh sebanyak 28 peserta didik kelas 4 MI Sultan Agung Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk melihat kualitas produk dan angket respon peserta didik terhadap produk media. Hasil penilaian ahli dan respon peserta didik berupa data kuantitatif, kemudian dianalisis dengan kriteria penilaian dan persentase keidealan. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa produk media portable engklek Arabic. Berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan reviewer portable engklek Arabic secara berturut-turut mendapatkan persentase keidealan sebesar 85,8% (kategori Sangat Baik), 82,5% (kategori Baik), dan 74,1% ( kategori Baik). Sedangkan respon 28 peserta didik dalam uji coba pemakaian portable engklek Arabic adalah Sangat Baik dibuktikan dengan data yang dihasilkan sebesar 88,8%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media portable engklek Arabic layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Media Portable Engklek Arabic, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Jun 2022 15:19
Last Modified: 10 Jun 2022 15:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum