JIHAD PERSPEKTIF HADIS (Studi Hadis-Hadis Jihad dalam Kitab Nasihat al-Muslimin wa Tazkiratu al-Mukminin fi Fadail al-Jihadi fi Sabilillah wa Karamatu al-Mujahidin Karya Syaikh ‘Abd al-Samad al-Falimbani)

Muhamad Mahfudin, NIM.: 19205010049 (2022) JIHAD PERSPEKTIF HADIS (Studi Hadis-Hadis Jihad dalam Kitab Nasihat al-Muslimin wa Tazkiratu al-Mukminin fi Fadail al-Jihadi fi Sabilillah wa Karamatu al-Mujahidin Karya Syaikh ‘Abd al-Samad al-Falimbani). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JIHAD PERSPEKTIF HADIS (Studi Hadis-Hadis Jihad dalam Kitab Nas}ihat al-Muslimin wa Tazkiratu al-Mukminin fi Fadail al-Jihadi fi Sabilillah wa Karamatu al-Mujahidin Karya Syaikh ‘Abd al-Samad al-Falimbani))
19205010049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (JIHAD PERSPEKTIF HADIS (Studi Hadis-Hadis Jihad dalam Kitab Nas}ihat al-Muslimin wa Tazkiratu al-Mukminin fi Fadail al-Jihadi fi Sabilillah wa Karamatu al-Mujahidin Karya Syaikh ‘Abd al-Samad al-Falimbani))
19205010049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini secara spesifik mengkaji jihad dalam perspektif hadis Nabi. Objek dari pada penelitian ini adalah hadis-hadis Nabi yang termaktub dalam kitab Nas}i>hat al-Muslimi>n wa Taz\kiratu al-Mukmini>n fi> Fada>il al-Jiha>di fi> Sabi>lillah wa Kara>matu al-Muja>hidi>n Karya Syaikh ‗Abd al-S}amad al-Falimba>ni pasal kedua (pasal yang secara spesifik berisi hadis-hadis tentang jihad). Dalam penelitian ini berupaya memecahkan tiga rumusan masalah, yakni 1)Bagaimana analisis kritik sanad dan matan hadis-hadis yang termaktub dalam kitab Nasihat al-Muslimin pasal kedua?, 2) Bagaimana konsep jihad yang termaktub dalam kitab Nas}i>hat al-Muslimin pasal kedua?, dan Bagaimana aktualisasi konsep jihad yang termaktub dalam kitab Nasihat al-Muslimin pasal kedua pada masa al-Falimbani dan era sekarang?. Dengan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan normatif-historis serta analisis dengan menggunakan teori Syarah hadis Ali Mustafa Yaqub dan teori double movement Fazlurrahman didapati hasil penelitian sebagaimana berikut :1) Dari 15 hadis yang termaktub dalam kitab Nasihat al-Muslimin pasal kedua semuanya merujuk pada kitab-kitab induk yang kredibel, namun demikian tidak semua kualitas hadisnya shahih serta terdapat hadis yang mauquf. 2) Dalam Nasihat al-Muslimin pasal kedua mengkonsepsikan tiga hal. Pertama, jihad merupakan sebuah amalan yang utama, Kedua, mempolarisasikan jihad kedalam dua bentuk yakni jihad dengan fisik dan harta benda, dan ketiga, cenderung mengkonsepsikan jihad dalam arti perjuangan fisik bahkan perang. 3) Aktualisasi konsep jihad yang termaktub dalam kitab Nasihat al-Muslimin pasal kedua pada masa al-Falimbani dengan perang melawan penjajah sudah sangat relevan karena dalam rangka upaya menyelamatkan nilai-nilai kemanusiaan serta menjaga hak-hak dalam kehidupan bersama yang nilai universalitasnya kurang lebih sama dengan konteks munculnya hadis pada masa Rasulullah. Sementara pada konteks masa kini hadis-hadis jihad tersebut dapat diaktualisasikan kembali dengan jihad difai (defensif) atau jihad dalam rangka mempertahankan diri dari serangan musuh-musuh Islam yang menyerang negeri muslim dengan kekuatan-kekuatan senjata serta melakukan pencegahan dari fitnah musuh-musuh agama yang akan melakukan pembunuhan, perampasan harta, kehormatan maupun kedaulatan sebuah negara tertentu. Selain itu spirit dan moral velue jihad diera sekarang juga bisa diakomodir dalam rangka melawan virus covid 19 dan menjaga kesejahteraan bersama dalam segala lini aspek kehidupan sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Danarta M.Ag.
Uncontrolled Keywords: jihad; sanad; matan; Syaikh Abd al-Samad al-Falimbani; kitab; aktualisasi
Subjects: Filsafat Islam
Hadis
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2) > Studi al Qur'an dan Hadits
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Jun 2022 10:01
Last Modified: 08 Jun 2022 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51208

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum