IMPLEMENTASI PROGRAM READING GROUP DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANTUL YOGYAKARTA

Dina Ariyani Vitaningtyas, NIM.: 13480094 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM READING GROUP DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM READING GROUP DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANTUL YOGYAKARTA)
13480094_BAB-I_BAB_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM READING GROUP DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANTUL YOGYAKARTA)
13480094_BAB-II_S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan ini bertujuan: Pertama, mengetahui kondisi minat baca peserta didik di SDIT LHI. Kedua, mengetahui pelaksanaan program reading group di SDIT LHI. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penulisan deskriptif. Subjek penulisan ini adalah kepala sekolah, koordinator program reading group (include koordinator guru bahasa Indonesia), pustakawan, guru kelas dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penulisan yang digunakan yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kondisi minat baca peserta didik di SDIT LHI pada umumnya sudah memiliki minat untuk membaca. Kondisi ini dapat dilihat dari kesenangan membaca peserta didik, kesadaran akan manfaat membaca peserta didik, frekuensi membaca peserta didik, jumlah peserta didik yang berkunjung ke Perpustakaan, dan buku yang dipinjam peserta didik. (2) Implementasi program reading group dilaksanakan melalui empat tahap kegiatan, yaitu persiapan, membaca individu, diskusi, dan berbagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi program, reading group, minat membaca.
Subjects: Perpustakaan > Minat Baca
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Jun 2022 15:50
Last Modified: 10 Jun 2022 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum