IMPLEMENTASI PROGRAM LIFE SKILL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA DI BLC (BUTTERFLY LEARNING CENTER) SD 02 INKLUSI AL-IRSYAD CILACAP

Ira Setianingrum, NIM.: 13480096 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM LIFE SKILL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA DI BLC (BUTTERFLY LEARNING CENTER) SD 02 INKLUSI AL-IRSYAD CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM LIFE SKILL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA DI BLC (BUTTERFLY LEARNING CENTER) SD 02 INKLUSI AL-IRSYAD CILACAP)
13480096_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM LIFE SKILL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA DI BLC (BUTTERFLY LEARNING CENTER) SD 02 INKLUSI AL-IRSYAD CILACAP)
13480096_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya anak tunagrahita disekitar kita yang tidak dapat mengenyam pendidikan sesuai dengan semestinya dan juga belum banyak yang bisa hidup mandiri. Padahal kita tahu bahwa pendidikan adalah kunci penting mewujudkan negara yang berperadaban. Salah satu tujuan dari pendidikan sendiri adalah untuk anak bisa hidup mandiri. Mengajarkan kemandirian pada anak utamanya anak tunagrahita sangatlah penting untuk kehidupannya di masa yang akan datang. Namun sangat disayangkan sekali masih sedikit sekolah-sekolah yang konsen pada kebutuhan pendidikan bagi anak tunagrahita utamanya dalam mengajarkan kemandirian. Salah satu sekolah yang merupakan bagian kecil yang memiliki konsen terhadap anak tunagrahita terkait dalam menumbuhkan kemandirian yaitu di BLC SD 02 Inklusi Al- Irsyad Cilacap. Tujuan dari diadakannya penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi program life skill untuk mengembangkan kemandirian anak tunagrahita di BLC SD 02 Inklusi Al-Irsyad Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara mendalam, dan observasi nonpartisipan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi program life skill untuk mengembangkan kemandirian anak tunagrahita di BLC SD 02 Inklusi Al-Irsyad Cilacap terbagi dalam tiga tahapan yaitu: a) desain program (latar belakang lairnya program, perumusan tujuan, perincian tugas, perencanaan anggaran biaya dan pembentukan jadwal); b) pelaksanaan program (pola koordinasi, sarana dan prasarana, teknis pelaksanaan program life skill, pelaksanaan program life skill , pelaksanaan program life skill secara terperinci); c) monitoring program (evaluasi program melalui sebuah forum, pencarian solusi terhadap hambatan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Program Life Skill, Mengembangkan Kemandirian, Anak Tunagrahita, BLC.
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 13 Jun 2022 11:07
Last Modified: 13 Jun 2022 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51222

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum