HUBUNGAN ANTARA PERUNDUNGAN VERBAL DENGAN KECERDASAN EMOTIONAL DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

Qurrotul Uyun, NIM.: 13480129 (2019) HUBUNGAN ANTARA PERUNDUNGAN VERBAL DENGAN KECERDASAN EMOTIONAL DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Hubungan Antara Perundungan Verbal dengan Kecerdasan Emotional dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan)
13480129_BAB-I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Hubungan Antara Perundungan Verbal dengan Kecerdasan Emotional dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan)
13480129_BAB-II_S.D._SEBELUM_BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah perundungan verbal, kecerdasan emosional, serta hubungan antara perundungan verbal terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, observasi serta dokumentasi. Berdasarkan hasil normalitas dapat diketahui bahwa data perundungan verbal di atas memiliki nilai signifikansi (p) pada uji kolmogorov-smirnov sebesar 0.200 ( p > 0.05), dan data kecerdasan emosional di atas memiliki nilai signifikansi (p) pada uji kolmogorov-smirnov sebesar 0.168 ( p > 0.05), sehingga berdasarkan uji normalitas kolomogorov-smirnov data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji linieritas pada output tabel “ Anova table”, diketahui bahwa nilai Sig. Deviation From Linearity sebesar 0,245. Karena nilai Sig. 0,245 >0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat hubungan linier antara perundungan verbal dengan kecerdasan emosional. Dilihat dari angka probabilitas hubungan antara perundungan verbal dengan kecerdasan emosional adalah sebesar 0,003. Angka 0,003 < 0,05, maka hubungan kedua variabel kedua variabel tersebut signifikan. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat hubungan antara perundungan verbal dengan kecerdasan emosional. Hasil pengambilan data dari angket perundungan verbal berdasarkan statistik deskriptif menunjukan bahwa kategori perundungan verbal peserta didik kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan masuk dalam kategori rendah. Hasil pengambilan data dari angket kecerdasan emosional berdasarkan statistik deskriptif menunjukan bahwa kategori kecerdasan emosional peserta didik kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan masuk dalam kategori sedang. Adapun nilai korelasi dengan menggunakan product moment dapat diketahui sebesar -0,311. Angka ini menunjukan adanya korelasi negatif sedang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Perundungan Verbal, Kecerdasan Emosional
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 13 Jun 2022 15:20
Last Modified: 13 Jun 2022 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51224

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum