MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS 3 MI AL KHOIRIYAH MELIKAN

Siti Mar’atun Nafiah, NIM.: 13480036 (2019) MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS 3 MI AL KHOIRIYAH MELIKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS 3 MI AL KHOIRIYAH MELIKAN.)
13480036_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS 3 MI AL KHOIRIYAH MELIKAN.)
13480036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang bermula terjadi pada saat pembelajaran berlangsung di dalam kelas seperti kerjasama siswa yang kurang kompak, partisipasi anggota kelompok kurang, banyak siswa yang bermain sendiri, tidak tertarik dengan pelajaran, diskriminasi dalam memilih teman belajar dan lain-lain. sehingga untuk menumbuhkan kemampuan kerjasama siswa, perlu diterapkan pembelajaran yang cocok. Ada banyak solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu yang dapat diterapkan adalah Make A Match. Menumbuhkan kerjasama juga melatih siswa untuk belajar sikap sosial dalam pendidikan yang berguna untuk masa depan. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Adapun tujuan penelitian ini : Mengetahui pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tingkat kemampuan kerja sama siswa kelas 3 MI Al Khoiriyah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam metode ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Pembelajaran kooperatif Tipe Make A Match terbagi menjadi 3 tahapan yaitu perencanaan (perencanaan pembuatan RPP lembar observasi kerjasama, pelaksana pembelajaran Make A Match), meyiapkan kartu berpasangan dan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran kooperatif Tipe Make A Match. 2.) Hasil dari observasi penelitian kerjasama siswa kategori tinggi dengan persentase 95%. Sehingga dapat di simpulkan pembelajaran kooperatif dengan Tipe Make A Match dapat menumbuhkan kemampuan kerjasama siswa MI Al Khoiriyah melikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr.Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Make A Match dan kerjasama.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 13 Jun 2022 15:54
Last Modified: 13 Jun 2022 15:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51227

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum