PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA ENERGI TERBARUKAN KELAS IV B SD N KEDUNGPRING

Yuniarti, NIM.: 15480015 (2019) PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA ENERGI TERBARUKAN KELAS IV B SD N KEDUNGPRING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA ENERGI TERBARUKAN KELAS IV B SD N KEDUNGPRING)
15480015_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA ENERGI TERBARUKAN KELAS IV B SD N KEDUNGPRING)
15480015_BAB-II_S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis yang berada di SD N Kedungpring. Karena metode yang digunakan masih terpusat pada guru sehingga keingin tahuan siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatakan keterampilan berpikir kritis siswa serta mengetahui peningkatan bepikir kritis siswa tema energi terbarukan kelas IVB SD N Kedungpring. Pendekatan yang dilakukan adalah Pendekatan Tindakan Kelas kolaborasi.Desain penelitian yang digunakan adalah model John Elliot yang berisi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Kedungpring. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur kemampuan berfikir kritis dan panduan observasi. Teknis analisis daya yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengamatan pembelajaran dalam metode inkuiri terbimbing dilaksanakan dengan fenomena alam, merumuskan masalah yang ditemukan, merumuskan hipotesis sederhana, melakukan ekspreimen sederhana untuk menguji hipotesis, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian pada Siklus I adalah 66,82 dengan kategori cukup dan Siklus II 68.75 dengan kategori Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Izzatin Kamala, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berfikir Kritis, Inkuiri Terbimbing, Prestasi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 20 Jun 2022 15:21
Last Modified: 20 Jun 2022 15:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51228

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum