KONSEP ADAB GURU DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALATIL QUR’AN KARYA IMAM AN-NAWAWI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MENURUT PMA NO. 16 TAHUN 2010 SKRIPSI

Laila Zuliani Ma'rifah, NIM.: 13410159 (2019) KONSEP ADAB GURU DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALATIL QUR’AN KARYA IMAM AN-NAWAWI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MENURUT PMA NO. 16 TAHUN 2010 SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (KONSEP ADAB GURU DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALATIL QUR’AN KARYA IMAM AN-NAWAWI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MENURUT PMA NO. 16 TAHUN 2010 SKRIPSI)
13410159_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (KONSEP ADAB GURU DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALATIL QUR’AN KARYA IMAM AN-NAWAWI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MENURUT PMA NO. 16 TAHUN 2010 SKRIPSI)
13410159_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi perlunya seorang guru mengembangkan kompetensi kepribadiannya dari pengalaman hidup, buku kontemporer, serta kitab klasik yang di dalamnya tersimpan mutiara nilai Islam. Diharapkan akhlak peserta didik akan terbentuk ketika seorang guru juga berkarakter sesuai nilai Islam. Karena guru merupakan panutan lingkungan sekitarnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui konsep adab guru menurut Imam an-Nawawi dalam kitab At-Tibyan fI Adabi Hamalatil Qur’an; (2) mengkaji relevansi konsep adab guru menurut Imam an-Nawawi dalam kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an dengan kompetensi kepribadian guru menurut PMA No. 16 Tahun 2010. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kepustakaan (Library research). Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun sekunder, berupa buku-buku, artikel, atau dokumen yang berkaitan dengan bidang penelitian. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang ada, yang kemudian akan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian yang harus dimiliki seorang guru dalam kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an antara lain adalah 1) adab guru terhadap diri sendiri (niat karena Allah, tidak berharap hasil duniawi, menjaga hati dari sifat sombong, dan berakhlakul karimah), 2) adab guru terhadap ilmu (menekuni ilmu), 3) adab guru terhadap murid dan dalam pengajarannya (bersikap rendah hati, mendidik adab mulia, tidak pilih kasih, mengajar dalam keadaan suci, dan semangat dalam mengajar). Konsep adab guru menurut Imam an- Nawawi tersebut relevan dengan kompetensi kepribadian guru yang ada dalam PMA No. 16 Tahun 2010 yakni, tindakan yang sesuai dengan norma, pribadi yang jujur, berakhlak mulia, teladan bagi peserta didik, pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, memiliki etos kerja, taggung jawab, bangga menjadi guru, serta menghormati kode etik guru. Guru Pendidikan Agama Islam sudah seharusnya berpegang pada peraturan yang ditetapkan pemerintah disertai menambah referensi sekaligus meneladani beberapa nasihat tokoh terdalulu dalam bidang pendidikan yang dapat diaplikasikan dalam menjalankan tugas kesehariannya dalam rangka membenahi moral anak bangsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Adab Guru, Relevansi, Kompetensi Kepribadian Guru, At- Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 20 Jun 2022 15:25
Last Modified: 20 Jun 2022 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum