PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADIS DI KELAS VII MTs AL MA’ARIF GEMBONG-PATI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017

MAULANA LUTHFI KARIM, NIM.: 13410231 (2019) PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADIS DI KELAS VII MTs AL MA’ARIF GEMBONG-PATI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADIS DI KELAS VII MTs AL MA’ARIF GEMBONG-PATI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017)
13410231_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADIS DI KELAS VII MTs AL MA’ARIF GEMBONG-PATI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017)
13410231_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang skripsi ini adalah bahwa dunia pendidikan tidak dapat lepas dari kurikulum. Sebab, kurikulum merupakan kompas pendidikan. Namun permasalah baru muncul ditengah seringnya perubahan kurikulum. Problem tersebut adalah masalah lapangan yang berkaitan dengan proses adaptasi pendidik dan lembaga pendidikan dalam melaksanakan kurikulum. Di sisi lain, perkembangan zaman terus berubah. Hal ini juga menuntut kurikulum mengikuti kemajuan-kemajuan yang ada, mulai dari aspek teknologi, ideology hingga diharapkan pendidikan mampu menjawab tantangan masa depan. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada pembelajaran al qur’an hadits di kelas VII MTs. Al Ma’arif Gembong-Pati berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Adapun karakter utama Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017, diantaranya: PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), penguatan literasi dan peningkatan HOTS (Higher Order of Thinking Skill).Penguatan karakter ditekankan pada lima aspek inti, diantaranya: religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. Sementara penekanan pada penguatan literasi dan peningkatan HOTS terletak pada 4C, yaitu : creative, critical thinking, communicative dan collaborative. Dengan mengusung tajuk tersebut, penelitian ini mencoba mencari tahu apakah masih pembelajaran di al qur’an hadits di kelas VII MTs. Al Ma’arif Gembong-Pati telah sesuai dengan dengan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 atau belum. Sebab, MTs. Al Ma’arif merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menempati posisi tengah, dalam arti tidak ttertinggal, namun terlalu memaksa jika disebut favorit. Melalui sebuah field research, penelitian ini berusaha menjawab semua tanda tanya itu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran al qur’an hadits di kelas VII MTs. Al Ma’arif Gembong telah sesuai dengan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dalam segi konsep dan pesiapan, namun untuk praktiknya, beberapa kendala masih cukup menghadang. (2) kendala yang disebutkan tersebut kebanyakan berupa kendala media dan kesiapan pendidik, lembaga pendidikan serta peserta didik. namun secara menyeluruh, praktik pendidikan dengan barometer kurikulum 2013 edisi revisi 2017 sudah berjalan dengan baik di MTs. Al Ma’arif Gembong. dari kendala-kendala yang ada, sudah selayaknya lembaga pendidikan memberikan treatmen khusus agar kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dapat berjalan lancer di MTs. Al Ma’arif Gembong

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: kurikulum 2013 edisi revisi 2017, pembelajaran Al Qur’an Hadits kelas VII.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 20 Jun 2022 15:32
Last Modified: 20 Jun 2022 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51233

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum