PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM BEASISWA PRESTASI DAARUT TAUHIID PEDULI CABANG YOGYAKARTA DI GUNUNGKIDUL

Rika Kartina Apriani, Nim.: 14410019 (2020) PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM BEASISWA PRESTASI DAARUT TAUHIID PEDULI CABANG YOGYAKARTA DI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM BEASISWA PRESTASI DAARUT TAUHIID PEDULI CABANG YOGYAKARTA DI GUNUNGKIDUL)
14410019_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM BEASISWA PRESTASI DAARUT TAUHIID PEDULI CABANG YOGYAKARTA DI GUNUNGKIDUL)
14410019_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah mengenai pergaulan dan pengaruh perkembangan teknologi informasi yang tidak bisa terkontrol baik dari orang tua, sekolah maupun pembina, sehingga amalan yaumiyyahnya lebih baik sebelum mengenal teknologi, terutama Handphone. Apalagi peserta yang tidak tinggal di pondok pesantren/panti asuhan, Lembaga Daarut Tauhiid berupaya membantu dalam mengembangkan pembinaan karakter melalui Program Beasiswa Prestasi, sehingga bisa menjadi sebuah program beasiswa model baru yang inovatif, tidak sekedar membantu meringankan biaya sekolah, tapi sekaligus mampu mengupayakan peserta mendapatkan pembinaan karakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pembentukan Karakter melalui Program Beasiswa Prestasi Daarut Tauhiid Peduli Cabang Yogyakarta di Gunungkidul. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Pembentukan Karakter melalui Program Beasiswa Prestasi Daarut Tauhiid Peduli Cabang Yogyakarta di Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar lembaga Darut Tauhid Peduli cabang Yogyakarta khususnya Program Beasiswa Prestasi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Lembaga Daarut Tauhiid cabang Yogyakarta, Staf Pengembangan Program, Pembina Program dan Peserta Program. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi data. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, menyajian data, dan penarikan kesimpulan. xii Hasil penelitian menunjukan: (1) Pembentukan Karakter melalui Program Beasiswa Prestasi Daarut Tauhiid Peduli Cabang Yogyakarta yang dilaksanakan di Gunungkidul yaitu dengan kegiatan pembinaan dan membentuk karakter dengan strategi pengetahuan moral, perasaan moral dan perilaku moral. (2) Keberhasilan Pembentukan Karakter di Gunungkidul ditunjukkan melalui karakter pada peserta yaitu peserta menunjukkan sikap ikhlas, jujur, tawadhu’, disipin, berani, dan tangguh. (3) Faktor pendukung adalah pemberian bantuan biaya pendidikan, pembina, tempat pembinaan yang strategis, buku materi, buku panduan dan upgrading/evaluasi pada pembina. Adapun faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu dan tempat serta kurangnya pengawasan pada peserta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Program Beasiswa Prestasi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 20 Jun 2022 15:37
Last Modified: 20 Jun 2022 15:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51236

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum