SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS E-BOOK DI MA AS-SALAFIYYAH MLANGI SLEMAN

Bayu Kuncoro Aji, NIM.: 15410089 (2020) SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS E-BOOK DI MA AS-SALAFIYYAH MLANGI SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS E-BOOK DI MA AS-SALAFIYYAH MLANGI SLEMAN)
15410089_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS E-BOOK DI MA AS-SALAFIYYAH MLANGI SLEMAN)
15410089_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalahseiring perkembangan IT 4.0 memunculkan media pembelajaran berbasis digital, sehingga menuntut sistem pembelajaran menyesuaikan kepada era tersebut, dari hal itu munculah pembelajaran berbasis ebook. Pembelajaran heutagogi dirasa tepat sebagai pendekatan pembelajaran berbasis e-book yang berupaya mewujudkan manusia dewasa, manusia yang matang dalam kegiatan belajar, dan manusia yang mampu secara mandiri memecahkan berbagai masalah tantangan perkembangan zaman. Dari hal itu peneliti tertarik untuk mengungkap sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA As-Salafiyyah Mlangi Sleman, yang menerapkan sistem pembelajaran berbasis E-book sebagai upaya penyesuaian dengan zaman kekinian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Adapun teknik pengambilan sample data menggunakan teknik snowbolinguntuk guru,sedangkansiswa menggunakan random untuk kelas 10 dan 11. Pengumpulan data melalui: wawancara, observasi, dan dukumentasi. Analisis yang digunakan ialah kwalitatif, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan Triangulasi data sumber. Penelitian ini menghasilkan: (1)Sistem pembelajaran E-book di MAAs-Salafiyyah Mlangi terdiri daribeberapa komponen meliputi: tujuan pembelajaran, materi/bahan ajar, metode pembelajaran, media dan evaluasi.(2)Strategi dan metode menggunakan model blended atau gabungan. Sehingga, menggabungkankegiatan konvensional dengan media digital. Strategi pelajaran Fiqih:Coorperatif Learningsedangkan metodenya ceramah, tanya jawab, diskusi, dan presentasi,pelajaran Alqur’an Hadist:InquiriLearning dan ceramah, penugasan, diskusi,dan presentasi.Sedangkanpelajaran SKI dan Akidah Akhlak:Coorperatif Learning, metodenya dengan ceramah, diskusi, penugasan, dan presentasi. Aplikasi yang digunakan ialah Mawaris, Kamus, Maktabah Syamilah, Dan Tanya Jawab.(3) Hasil yang dicapai melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis E-book di MA As-Salafiyyah Mlangi Sleman menurut aspek kognitif, afeksi dan psikomotorik. (a) Kognitif: media tablet sebagai sumber belajar dapat memudahkan siswa dalam mendukung tercapainya kompetensi menganalisis dan mensintetis, media tablet sebagai sumber belajar dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran (b) Afeksi: melalui strategi koorperatif dan Inquiri dengan metode diskusi mampu menumbuhkan sifat menghargai dan mengorganisasi,dengan adanya media tabletmemudahkan siswa dalam memperluas kajian suatu materi yang mendalam, sehingga dapat mencapai tahap pola hidup. (c) Psikomotorik, melalui strategi koorperatif dan Inquiri dengan metode diskusi mampu mencapai pada tahap merangkaikan, adanya media tablet dalam sistem pembelajaran berbasis E-bookdapat menampilkan audio-visualmemudahkan siswa dapat meniru untuk mempraktikan materi secara tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sistem Pembelajaran, PAI,E-book,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 20 Jun 2022 15:45
Last Modified: 20 Jun 2022 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51238

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum