PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA DIGITAL DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI DI SMP N 1 BANTUL

Nur Muhammad Syarif, NIM.: 14410124 (2020) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA DIGITAL DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI DI SMP N 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA DIGITAL DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI DI SMP N 1 BANTUL)
14410124_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA DIGITAL DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI DI SMP N 1 BANTUL)
14410124_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah seiring dengan meluasnya akses informasi dan semakin bervariatifnya media penyebaran propaganda ekstrimisme beragama dan liberalisme akibat revolusi digital, menuntut peningkatan kemampuan dan kompetensi literasi digital guru PAI di SMP N 1 Bantul. Kerangka kompetensi ini diperlukan agar guru PAI dapat memahami isu, gejala dan fenomena mengenai penyebaran propaganda yang dimaksud lebih cepat dan efisien. Hal ini menjadi urgent bagi guru PAI di SMP N 1 Bantul mengingat kondisi sekolah SMP N 1 Bantul sendiri yang memiliki hampir seribu siswa heterogen dan tergolong siswa generasi z yang sudah akrab dengan gadget dan teknologi sejak kecil. Sehubungan dengan itu, guru PAI di SMP N 1 Bantul berusaha merespon kemajuan teknologi dengan memperkuat kemampuan literasi digital, kemudian menerapkannya dalam pembelajaran PAI yang moderat bercirikan pandangan masyarakat madani. Berdasar latar belakang tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran dan langkah-langkah guru PAI di SMP N 1 Bantul dalam mewujudkan masyarakat madani pada era digital. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, bertempat di SMP N 1 Bantul. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah SMP N 1 Bantul, guru PAI SMP N 1 Bantul serta siswa sebagai pembanding. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data menggunaka teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) guru PAI memiliki peran menciptakkan pembelajaran yang relevan dengan perubahan psikolgis maupun sosiologis siswa sehingga tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien. Peran selanjutnya adalah membentuk karakter siswa sekaligus mengantisipasi dampak negatif yang mungkin ditimbulkan dari revolusi digital dalam rangka mewujudkan masyarakat madani. (2) Langkah-langkah yang diterapkan guru PAI di SMP N 1 Bantul sesuai indikator mayarakat madani yang dirmuskan Nurcholish Majid diantaranya egaliterianisme, keterbukaan, Penegakan hukum dan keadilan, Toleransi dan kemajemukan, serta Musyawarah. (3) Hasil yang telah dicapai dapat diamati dari terciptanya lingkungan yang harmonis antar umat beragama dan tumbuhnya jiwa toleransi siswa, meningkatnya kemampuan dan semangat perilaku keIslaman siswa, meningkatnya minat baca siswa, meningkatnya minat belajar siswa melalui pembelajaran yang tidak konvensional. Meskipun hasil-hasil ini masih perlu dievaluasi namun perbaikan tetap dilakukan seiring berjalanya waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: peran guru, era digital, masyarakat madani
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 20 Jun 2022 15:47
Last Modified: 20 Jun 2022 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum