HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA

Mutamimah, NIM.: 15410112 (2019) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA)
15410112_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB)
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA)
15410112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketika prestai belajar dijadikan tolak ukur kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai siswa. Apabila prestasi belajar siswa baik maka siswa mempunyai kuantitas dan kualitas yang baik, salah satu masalah yang harus mendapat perhatian adalah tidak seimbangya hasil prestasi belajar fikih. Seperti prestasi belajar fikih siswa kelas XI tidak semua baik, ada beberapa yang belum memenuhi standar lulus. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya yaitu faktor psikologis siswa, diantaranya kecerdasan adversitas dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan adversitas dengan prestasi belajar Fiqih, hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar Fiqih, serta pengaruh kecerdasan adversitas dan motivasi belajar secara bersama – sama dengan prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek berjumlah 295, teknik sampling yang digunakan adalah dengan berdasarkan nomogram Henry King dan menggunakan taraf kesalahan10 %, jika jumlah populasi sebesar 295 maka sampelnya sebesar 141 siswa. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan metode skala psikologi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji korelasi produt moment, dan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih berada pada tingkat kategori sedang, pada kelompok interval 72-83 dengan persentase sebanyak 53% (2) Kecerdasan Adversitas siswa berada pada tingkat kategori sedang, pada kelompok interval 55 - 64 dengan persentase 44 % (3) Motivasi Belajar siswa berada pada tingkat kategori sedang, pada kelompok interval 69 – 77 dengan persente 41,8% (4) Terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara kecerdasan adversitas dengan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih Siswa kelas XI dengan koefisien korelasi sebesar 0,139 yang menunjukan tingkat korelasi sangat rendah dengan nilai signifikansi 0,050 > 0,05, (5) Terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih Siswa kelas XI dengan koefisien korelasi sebesar 0,058 yang menunjukan tingkat korelasi sangat rendah dengan nilai signifikansi 0,249 > 0,05 (6) Tidak ditemukan pengaruh secara bersamaan antara kecerdasan adversitas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakart

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M. Si.
Uncontrolled Keywords: kecerdasan adversitas, motivasi belajar, prestasi belajar Fikih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 11:47
Last Modified: 23 Jun 2022 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51246

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum