IMPLEMENTASI NILAI FILANTROPI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SLOW LEARNER DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA

Qoni’ Sa’adah, NIM.: 15410147 (2020) IMPLEMENTASI NILAI FILANTROPI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SLOW LEARNER DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI FILANTROPI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SLOW LEARNER DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA SKRIPSI)
15410147_BAB I_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI FILANTROPI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SLOW LEARNER DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA SKRIPSI)
15410147_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan fenomena fundamental atau asasi dalam kehidupan manusia, bukan hanya sekedar mengajarkan kepada anak terhadap apa yang tidak mereka ketahui, akan tetapi juga menanamkan nilai. Salah satu nilai yang perlu ditanamkan pada diri anak yaitu nilai filantropi karena konsep filantropi berhubungan erat dengan rasa kepedulian, solidaritas dan relasi sosial. SD Budi Mulia Dua Pandeansari memiliki kegiatan yang mengimplementasikan nilai filantropi di dalamnya yaitu kegiatan Jumat berbagi, zakat, bakti sosial dan sembako murah. Melihat kondisi anak slow learner yang tidak hanya memiliki keterbatasan dalam hal inteligensi dibawah rata-rata, namun juga memiliki keterbatasan dan hambatan dalam segi bahasa, emosi, sosial dan moral, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai filantropi pada anak berkebutuhan khusus slow learner di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Sedangkan untuk keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi nilai filantropi di SD Budi Mulia Dua Pandeansari dilaksanakan melalui kegiatan Jumat berbagi, zakat, bakti sosial dan sembako murah. Upaya yang dilakukan dalam mengimplementasikan nilai filantropi pada anak slow learner dilakukan dengan pembiasaan dan pendampingan khusus. 2) faktor pendukung dalam implementasi nilai filantropi pada anak slow learner di SD Budi Mulia Dua Pandeansari yaitu mood yang baik dalam diri anak slow learner, dukungan dari orang tua, pendidik yang berkompeten pada bidangnya, serta kegiatan yang terprogram dengan baik. sedangkan faktor penghambatnya adalah tingginya rasa ego pada diri anak slow learner dan fasilitas atau sarana dan prasana sekolah. 3) hasil implementasi nilai filantropi pada anak berkebutuhan khusus slow learner di SD Budi Mulia Dua Pandeansari ditunjukkan dengan adanya sikap kedermawanan pada anak slow learner yang ditandai dengan adanya kemauan untuk senang berbagi dan memberi serta adanya kepedulian terhadap sesama yang ditandai dengan bersemangat dalam mengikuti kegiatan filantropi serta adanya rasa empati pada diri anak slow learner.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai Filantropi, Anak Berkebutuhan Khusus.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 12:10
Last Modified: 23 Jun 2022 12:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum