IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM GENERASI MILENIAL PADA MAHASANTRI DI PONDOK PESANTREN AN NASTH MLANGI YOGYAKARTA SKRIPSI

Khusna Munawaroh, NIM.: 15410183 (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM GENERASI MILENIAL PADA MAHASANTRI DI PONDOK PESANTREN AN NASTH MLANGI YOGYAKARTA SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM GENERASI MILENIAL PADA MAHASANTRI DI PONDOK PESANTREN AN NASTH MLANGI YOGYAKARTA)
15410183_BAB I_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM GENERASI MILENIAL PADA MAHASANTRI DI PONDOK PESANTREN AN NASTH MLANGI YOGYAKARTA)
15410183_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah derasnya arus globalisasi yang mempengaruhi perubahan struktural khususnya generasi muda. Dalam rangka menjadikan generasi penerus yang berakhlakul karimah, pondok pesantren salah satu lembaga non formal yang sangat berperan dalam hal penanaman akhlak bagi mahasantri. Akhlak dalam Islam memiliki kedudukan yang sangat penting. Pondok pesantren di lingkungan masyarakat harus memilki nilai lebih dalam mananamkan nilai-nilai akhlak terhadap mahasantri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses penanaman nilai-nilai akhlak mahasantri di Pondok Pesantren An Nasyat Mlangi Yogyakarta dilakukan melalui kegiatan, penanaman akhlak kepada Allah Swt yaitu dengan melakukan shalat wajib dan sunnah, membaca Al-Qur’an, mengkaji kitab, tadarus Al-Qur’an, dan mujahadah. Penanaman akhlak kepada Rasulullah Saw yaitu dengan meneladani dan mengamalkan empat sifat wajib bagi Rasull. Penanaman akhlak kepada masyarakat yaitu dengan memberikan kemanfaatan bagi orang lain dan berdakwah menyampikan kebaikan walau satu ayat. 2) implementasi dari penanaman nilai-nilai akhlak mahasantri secara keseluruhan telah berhasil dengan indikator lahirnya pribadi yang berakhlak mulia melalui sikap takwa dan lahirnya sikap tanggung jawab atas apa yang diperintahkan oleh mahasantri. 3) faktor pendukung penanaman nilai-nilai akhlak Mahasantri adalah adanya peraturan, adanya bimbingan, rekrutmen guru berkualitas dan kaderisasi asisten guru. Faktor penghambat yaitu, latar belakang keluarga, psikologi diri sendiri, lingkungan kampus, dan sosial media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Munawwar Khalil, S.S., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai-Nilai Akhlak, Budaya Generasi Milenial
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 12:16
Last Modified: 23 Jun 2022 12:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum