NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM NOVEL ALKUDUS KARYA ASEF SAEFUL ANWAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Rizal Fathurrohman, NIM.: 16410078 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM NOVEL ALKUDUS KARYA ASEF SAEFUL ANWAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM NOVEL ALKUDUS KARYA ASEF SAEFUL ANWAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
16410078_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM NOVEL ALKUDUS KARYA ASEF SAEFUL ANWAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
16410078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang penelitian ini berawal dari bergesernya keyakinan masyarakat karena pengaruh dari beberapa hal yang diberitakan melalui media masa baik cetak maupun visual, sebagaimana insiden pembakaran bendera tauhid yang dilakukan oleh Banser ketika acara peringatan Hari Santri Nasional di Garut, Jawa Barat, aksi tersebut terjadi karena terdapat perbedaan pemahaman terhadap bendera yang berisi kalimat tauhid, dimana ada sebagian kelompok umat Islam di Indonesia mengidentifikasi bendera tersebut sebagai bendera milik organisasi terlarang yaitu Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Masyarakat pada umumnya belum memahami bentuk tauhid itu sendiri yang nanti jika dibiarkan akan menciptakan suatu hal yang seharusnya tidak perlu diperdebatkan. Maka kepribadian akan ketauhidan mengenai ke-Esaan Allah SWT haruslah diterapkan sedari masih duduk di sekolah formal maupun non formal, pendidikam tauhid mempunyai peranan yang sangat penting untuk memberikan pendidikan dan pemahaman terkait ketauhidan, penulis menemukan nilai-nilai pendidikan tauhid yang terkandung dalam novel Alkudus karya Asef Saeful Anwar beserta relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan mengambil subjek kajian novel Alkudus karya Asef Saeful Anwar. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dengan mengumpulkan data yang relevan pada buku, jurnal, berita, serta peraturan perundang-undangan yang terkait dan wawancara. Pendekatan yang digunakan yaitu dengan objektif dan pendekatan pragmatis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi atau content analysis, yaitu penarikan kesimpulan dengan cara mengidentifikasi pesan tertentu dari suatu teks secara obyektif dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel Alkudus karya Asef Saeful Anwar sarat akan nilai-nilai pendidikan tauhid yang dapat dijadikan landasan mengenal tauhid bagi pembacanya. Nilai pendidikan tauhid tersebut seperti: 1) Nilai-nilai pendidikan tauhid yang terkandung dalam novel Alkudus karya Asef Saeful Anwar adalah nilai menyakini ke-Esaan Allah SWT, nilai menyakini rukun iman yang enam, nilai antusiasme ibadah, nilai adil terhadap manusia, nilai saling mengasihi, dan nilai zuhud-wara’ 2) Novel Alkudus juga mengandung nilai-nilai pendidikan tauhid yang mempunyai relevansi dengan Pendidikan Agama Islam, karena nilai pendidikan tauhid tersebut mengacu pada penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam serta mengajak kepada perubahan perilaku seseorang ke arah kebaikan melalui belajar secara sistematis dan berkesinambungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Munawwar Khalil, S.S., M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid, Novel Alkudus Karya Asef Saeful Anwar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Kesusastraan Arab > Novel - Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 12:31
Last Modified: 23 Jun 2022 12:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum