SINERGISITAS KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, DAN BIMBINGAN KONSELING DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 1 MANYARAN WONOGIRI

Mifta Nur Aziza, NIM. 15410200 (2020) SINERGISITAS KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, DAN BIMBINGAN KONSELING DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 1 MANYARAN WONOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (SINERGISITAS KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, DAN BIMBINGAN KONSELING DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 1 MANYARAN WONOGIRI)
15410200A_BAB I_BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (SINERGISITAS KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, DAN BIMBINGAN KONSELING DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 1 MANYARAN WONOGIRI)
15410200_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa terjadi krisis moral pada anak. Gambaran situasi ini menjadi motivasi pokok implementasi pendidikan karakter. SMP Negeri 1 Manyaran Wonogiri mengatasi problem karakter siswa dengan mengadakan sinergi antara guru Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Bimbingan Konseling guna mengoptimalkan kinerja ketiga guru tersebut dalam menjalankan program-program pendidikan karakter yang sudah direncanakan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: mengapa sinergisitas diaksanakan oleh guru PAI, PKN, dan BK, bagaimana sinergisitas kinerja guru PAI, PKN, dan BK dalam implementasi pendidikan karakter, bagaimana hasil sinergisitas kinerja guru PAI, PKN, dan BK, dan apa kendala serta solusi dalam implementasi pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PAI, PKn, dan BK. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui tiga langkah besar yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk mendapat kesimpulan, penulis menggunakan pola penalaran induktif, yaitu cara berpikir yang berangkat dari faktafakta khusus, peristiwa konkret kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum. xii Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tugas guru PAI, PKN, dan BK dalam memberikan nilai sikap dan spiritual siswa menjadi alasan sinergi dilaksanakan. 2) Pelaksanaan sinergisitas kinerja guru dalam implementasi pendidikan karakter yaitu dengan melakukan koordinasi dan komunikasi untuk membuat perencanaan pengembangan pendidikan karakter dan mengatur tugas dan fungsi guru sesuai dengan keahlian yang dimiliki. 3) Hasil sinergisitas kinerja guru terhadap implementasi pendidikan karakter sudah menunjukkan hasil yang positif, peserta didik telah mampu menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter yang positif, yaitu nilai karakter dalam hubugannya dengan Tuhan, diri sendiri, sosial, lingkungan, dan kebangsaan. 4) Faktor-faktor yang menghambat upaya guru, diantaranya kualitas input siswa yang masih rendah, karakteristik siswa yang terlalu banyak, kurangnya kontrol orang tua, serta sikap menonjol negatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Bapak Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sinergisitas, Pendidikan Karakter, Kinerja Guru PAI, PKn, dan BK.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 13:48
Last Modified: 23 Jun 2022 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51258

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum