PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALITAS GURU (Studi Penerapan fungsi manajemen kepala sekolah di MAN I Garut)

Yedi Humaedi, NIM.: 13490061 (2019) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALITAS GURU (Studi Penerapan fungsi manajemen kepala sekolah di MAN I Garut). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALITAS GURU (Studi Penerapan fungsi manajemen kepala sekolah di MAN I Garut))
13490061_BAB_1_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALITAS GURU (Studi Penerapan fungsi manajemen kepala sekolah di MAN I Garut))
13490061_BAB_II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Peran kepala sekolah merupakan faktor penting dalam mengembangkan profesionalitas guru. Oleh karena itu, bila peran ideal tidak diaplikasikan di dalam realitas pendidikan, maka akan berpengaruh pada tingkat profesionalitas guru. Tidak sedikit kepala sekolah dijabat oleh seorang pribadi karena tuntutan struktur dan senioritas dalam pendidikan. Padahal senioritas tidak selalu berarti mampu berperan dalam meningkatkan kemajuan pendidikan, terutama profesionalitas guru, sehingga keadaan pendidikan bersifat stagnan dan menjalani rutinitas saja. Bila profesionalitas guru meningkat akan secara otomatis memberikan kontribusi penting bagi kemajuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana peran dan upaya kepala MAN 1 Garut dalam mengembangkan profesionalitas guru dari perspektif manajemen kepala sekolah di MAN 1 Garut. xiii Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data diperoleh dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa peran kepala MAN 1 Garut dalam mengembangkan profesionalitas guru di antaranya: pertama, kepala MAN 1 Garut sebagai pejabat formal, berperan dalam menjalan tugas dan tanggung jawabnya, berusaha menciptakan hubungan yang baik dengan para guru, staf dan peserta didik, Kedua, sebagai manajer, peran kepala MAN 1 Garut memberdayakan kerja sama (cooperation) dengan pihak lain terkait pelaksanaan kegiatan, memberikan kesempatan kepada tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesinya, dengan penataran dan lokakarya, mendorong keterlibatan seluruh tenaga kependidikan dalam kegiatan ekstrakurikuler maupun proses belajar mengajar. Ketiga, peran sebagai pemimpin, kepala MAN 1 Garut menerapkan tipe kepemimpinan secara kondisional, memimpin bidang kurikulum, personalia, dan di bidang publik relation. Keempat, kepala sebagai pendidik, yaitu memberikan nasihat dan dorongan dengan memajukan 4 nilai, yakni mental, moral, fisik, dan artistik serta memberikan bimbingan kepada guru untuk menyusun, xiv melaksanakan, mengevaluasi, menganalisis program pengajaran dan bimbingan dan konseling, melaksanakan program pengayaan dan perbaikan, mengevaluasi tugas ketatausahaan, pesuruh, satpam, tukang, dan laboran. Upaya kepala MAN 1 Garut dalam meningkatkan profesionalisme guru di antaranya: pertama, melakukan kerja sama dengan guru dalam penyusunan kurikulum (silabus dan RPP). Kedua, mendorong guru untuk melakukan perbaikan tugasnya; ketiga, peningkatan keterampilan guru, Keempat, penyediaan sumber dan fasilitas pembelajaran untuk guru. Kelima, Pembentukan lingkungan sekolah yang kondusif. Keenam, memberikan pelayanan dan akses untuk menyelesaikan problem guru dan pemberdayaan guru dan staf kependidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru, MAN I Garut.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 23 Jun 2022 15:33
Last Modified: 23 Jun 2022 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51263

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum