SUPERVISI KLINIS SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN DAN PENGENDALIAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA SAINS AL-QUR’AN YOGYAKARTA

Wakid Nur Salim, NIM.: 15490036 (2020) SUPERVISI KLINIS SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN DAN PENGENDALIAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA SAINS AL-QUR’AN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SUPERVISI KLINIS SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN DAN PENGENDALIAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA SAINS AL-QUR’AN YOGYAKARTA)
15490036_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SUPERVISI KLINIS SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN DAN PENGENDALIAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA SAINS AL-QUR’AN YOGYAKARTA)
15490036_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan peneliti pada upaya strategis dan sistematis di SMA Sains Al-Qur’an dalam menjamin mutu pendidikan yaitu dengan supervisi klinis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi klinis sebagai upaya penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi, dan hasil supervisi klinis sebagai upaya penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan di SMA Sains Al-Qur’an Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMA Sains Al-Qur’an. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan mengumpulkan seluruh data, mereduksi data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, supervisor dan guru mata pelajaran Kimia, Bahasa Inggris dan Pendidikan Kewarganegaraan SMA Sains Al-Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) SMA Saisns Al-Qur’an menggunakan Sistem Penjaminan Mutu Internal – Sekolah dan Madrasah yang memposisikan supervisi klinis sebagai strategi pelaksanaan pemenuhan mutu pendidikan 2) Faktor yang mendukung adalah kompetensi supervisor dan komitmen serta kemauan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan 3) Hasil penilaian kinerja guru NH pra siklus sebesar 77, setelah siklus 1 hasil penilaian meningkat menjadi 83,7, setalah siklus 2 hasil penilaian meningkat mejadi 89.5. Hasil penilain kinerja guru IS pra siklus sebesar 77, setelah siklus 1 hasil penilaian meningkat menjadi 84,8, setelah siklus 2 hasil penilaian meningkat mejadi 89,7. Hasil penilaian kinerja guru LAF pra siklus sebesar 68, setelah siklus 1 hasil penilaian meningkat menjadi 79, dan setelah siklus 2 hasil penilaian meningkat menjadi 85,5

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penjaminan dan Pengendalian Mutu, Supervisi Klinis dan SMA Sains Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 24 Jun 2022 09:59
Last Modified: 24 Jun 2022 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51268

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum