IMPLEMENTASI PERMAINAN BERBASIS OUTDOOR LEARNING RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A2 RA INSAN MULIA BAMBANGLIPURO BANTUL

Nur Abdullah, NIM.: 14430029 (2019) IMPLEMENTASI PERMAINAN BERBASIS OUTDOOR LEARNING RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A2 RA INSAN MULIA BAMBANGLIPURO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERMAINAN BERBASIS OUTDOOR LEARNING RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A2 RA INSAN MULIA BAMBANGLIPURO BANTUL)
14430029-BAB-I_V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERMAINAN BERBASIS OUTDOOR LEARNING RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A2 RA INSAN MULIA BAMBANGLIPURO BANTUL)
14430029_BAB-II_III_IV_V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi permainan Outdoor Learning, mengetahui relevansi permainan Outdoor Learning dengan perkembangan sosial emosional anak, untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan metode permainan Outdoor Learning dalam perkembangan sosial emosional anak kelompok A2 RA Insan Mulia Bambanglipuro Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok A2 RA Insan Mulia Bambanglipuro tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 14 siswa terdiri dari 5 laki-laki dan 9 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan analisis data deskriptif kualitatif, yang merupakan penyajian data dalam tulisan dan penjelasan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh. Pengujian keabsahan data dengan cara triangulasi, mengecek kebenaran data berdasarkan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini adalah: 1) kegiatan Outdoor Learning di sentra bahan alam menggunakan 4 pijakan main, pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main. 2) Outdoor Learning mempermudah anak dalam berinteraksi secara langsung, meningkatkan antusias anak, meningkatkan sikap kooperatif dan terkontrolnya emosi anak. Setelah sering dilakukan permainan berbasis Outdoor Learning, tingkat perkembangan sosial emosional anak mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 3) Faktor pendukung: visi misi, sarana dan prasarana, guru, siswa yang aktif, sistem yang baik, keteladanan guru dan partisipasi orang tua. Faktor penghambat: cuaca, keterbatasan waktu, terbatasnya media/alat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Permainan, Outdoor Learning, Perkembangan Sosial Emosional
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Sosial, Perubahan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 24 Jun 2022 11:38
Last Modified: 24 Jun 2022 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum