IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN DALAM PEMBENTUKAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK PADA KELOMPOK B DI RA TIARA CHANDRA KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA

Deddy Arya Nugraha, NIM.: 14430061 (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN DALAM PEMBENTUKAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK PADA KELOMPOK B DI RA TIARA CHANDRA KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN DALAM PEMBENTUKAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK PADA KELOMPOK B DI RA TIARA CHANDRA KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA)
14430061_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN DALAM PEMBENTUKAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK PADA KELOMPOK B DI RA TIARA CHANDRA KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA)
14430061_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran sentra main peran dalam pembentukan sosial-emosional anak pada kelompok B di RA Tiara Chandra. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada implementasi model pembelajaran sentra main peran dalam pembentukan sosial-emosional anak kelompok B di RA Tiara Chandra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek anak dan guru kelas sentra main peran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dengan reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pembentukan sosial emosional anak di RA Tiara Chandra sebagai berikut : perkembangan sosial-emosional anak secara keseluruhan berjalan baik sesuai indicator,namun peneliti menemukan satu anak yang belum berkembang sesuai harapan, perlunya kerjasama antara guru dan anak dalam pembentukan sosial-emosional anak. Hasil pengamatan pada kelompok B di RA Tiara Chandra sudah terbentuk sosial emosional anak pada sentra main peran. Faktor pendukung penerapan sentra main peran dalam pembentukan sosial emosional, anak-anak sangat antusias memainkan beberapa peran yang ada, alat main peran sangat menarik, guru yang kreatif dan tersedianya kurikulum. Faktor penghambat penerapan sentra main peran yaitu mood anak, kurangnya pemahaman anak saat menjalankan peran dan pilihan mainan yang membuat anak mengambil mainan yang belum waktunya digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Rohinah, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Sentra main peran, Pembentukan sosial emosional
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 24 Jun 2022 11:41
Last Modified: 24 Jun 2022 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51282

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum