KONSEP ETIKA AJARAN KEBIJAKSANAAN LAKU JAWA DALAM ALIRAN KEPERCAYAAN GRINDA PERSPEKTIF ETIKA JAWA FRANZ MAGNIS SUSENO (Studi Kasus Organisasi Grinda Dusun Klampok Desa Giripurwo Kecamatan Purwosari Kabupaten Gunungkidul)

Deni Tri Utomo, NIM.: 14510035 (2019) KONSEP ETIKA AJARAN KEBIJAKSANAAN LAKU JAWA DALAM ALIRAN KEPERCAYAAN GRINDA PERSPEKTIF ETIKA JAWA FRANZ MAGNIS SUSENO (Studi Kasus Organisasi Grinda Dusun Klampok Desa Giripurwo Kecamatan Purwosari Kabupaten Gunungkidul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP ETIKA AJARAN KEBIJAKSANAAN LAKU JAWA DALAM ALIRAN KEPERCAYAAN GRINDA PERSPEKTIF ETIKA JAWA FRANZ MAGNIS SUSENO (Studi Kasus Organisasi Grinda Dusun Klampok Desa Giripurwo Kecamatan Purwosari Kabupaten Gunungkidul))
14510035_BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP ETIKA AJARAN KEBIJAKSANAAN LAKU JAWA DALAM ALIRAN KEPERCAYAAN GRINDA PERSPEKTIF ETIKA JAWA FRANZ MAGNIS SUSENO (Studi Kasus Organisasi Grinda Dusun Klampok Desa Giripurwo Kecamatan Purwosari Kabupaten Gunungkidul))
14510035_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Etika merupakan kajian yang akan terus berkembang karena sepanjang kehidupan manusia selama masih ada kategoti baik dan buruk maka kajian etika akan terus berkembang. Etika adalah ajaran umum yang digunakan sebagai rambu-rambu agar hidup manusia selalu terarah dan menuju kebaikan serta mengetahui dan menghindari keburukan agar kedamaian, ketertiban dan keselarasan tetap terjaga. Dewasa ini etika seolah kehilangan powernya untuk menertibkan masyarakat di dunia maya terutama. Dunia sudah berevolusi dan menurut saya etika sedikit terlambat menyesuaikan diri dengan evolusi tersebut. Akibatnya etika, nilai sopan santun rasa hormat semakin kabur di dunia maya. Dan sayangnya kehidupan didunia maya selalu memiliki dampak pada dunia nyata. Padahal didunia nyata jelas sudah ada aturan etika yang lebih dahulu menempati tempatnya sebagai kontrol sosial. Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah saya ingin menunjukkan bahwa ditengah kebanyakan orang yang abai terhadap etika dewasa ini masih ada golongan yang memegang teguh konsep etika nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para leluhurnya.. dan karena di organisasi grinda bersifat pengalaman empiris, saya mengkajinya dengan konsep etika jawa franz magnis suseno. Untuk membuktikan bahwa organisasi tersebut memiliki konsep etika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (penelitian lapangan). Sumber data primer diperoleh dari proses observasi. wawancara dan dokumentasi sedangkan sumber data sekunder melalui referensi buku-buku yang berkaitan. Metode kualitatif dengan analisis deskriptif interpretatif ( untuk menangkap ari dan nuansa tokoh secara khas. viii Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ajaran laku jawa yang diajrkan dalam organisasi grinda selaras dengan nilai-nilai etika jawa yang disusun oleh franz magnis suseno seperti peinsip kerukunan, prinsip hormat dan etika keselarasan sosial. Keduanya ingin menuju bagaimana menjadi orang jawa yang semestinya. Franz magnis suseno menggagas secara teori sedangkan organisasi grinda mengajarkan sekaligus mengajak anggotanya untuk hidup sebagai orang jawa yang semestinya. Ini juga merupakan jawaban apakah etika dewasa ini sedikit tersingkirkan itu ada kaitanya dengan ajaran etika? ternyata bukan, ada banyak faktor dan faktor pengajaran bukan salah satunya. Jika kita berpijak pada ajaran laku jawa di organisasi grinda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muh. Fatkhan, M.Hum
Uncontrolled Keywords: etika jawa, grinda, fanz magnis suseno, laku jawa
Subjects: Aliran Kepercayaan
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Jun 2022 11:27
Last Modified: 27 Jun 2022 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51303

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum