POLA BELAJAR MAHASISWA DISABILITAS NETRA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA

Ilham Putri Handayani, - and Muh Wasith Achadi, - and Alfin Miftahul Khairi, - (2022) POLA BELAJAR MAHASISWA DISABILITAS NETRA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA. Masaliq: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2 (3). pp. 406-426. ISSN e-ISSN : 2808-8115 p-ISSN : 2809-1051

[img]
Preview
Text (POLA BELAJAR MAHASISWA DISABILITAS NETRA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA)
POLA BELAJAR MAHASISWA DISABILITAS_PUTRI WASITH_JURNAL MASALIQ_MEI 2022.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1655333396.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq

Abstract

Pandemi covid-19 membuat pemerintah menetapkan sistem pembelajaran jarak jauh dan sistem pembelajaran daring dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Pembelajaran daring memang tidak terlalu sulit apabila dilaksanakan oleh peserta didik yang normal, namun lain halnya bagi anak berkebutuhan khusus terutama anak disabilitas netra yang mempunyai keterbatasan dalam penglihatannya. Berbagai permasalahan yang diimplikasikan oleh pandemi ini membuat pola belajar anak disabilitas netra juga berubah secara drastis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji lebih jauh tentang pola belajar mahasiswa disabilitas netra pada masa pandemi Covid-19 di UIN Raden Mas Said Surakarta. Penelitian termasuk kepada penelitian kualitatif dengan mempergunakan metode deskriptif. Sumber data yang dipergunakan adalah 2 orang mahasiswa disabilitas netra di Prodi Bimbingan Konseling Islam. Untuk teknik yang dipergunakan dalam pengambilan data yaitu teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian mengungkapkan jika pola pembelajaran mahasiswa disabilitas netra pada masa pandemi Covid-19 di UIN Raden Mas Said Surakarta mencangkup: (1) Pola belajar mandiri, (2) pola belajar kelompok atau diskusi dan, (3) pola belajar terbimbing. Dari ketiga pola tersebut sistem pembelajaran yang dilalui mahasiswa disabilitas netra sangat berbeda jauh dari pembelajaran tatap muka, mulai dari persiapan belajar, cara pengerjaan tugas serta cara mengikuti pembelajaran yang sangat membutuhkan bantuan dari berbagai pihak meskipun mereka telah mempergunakan aplikasi pendukung dalam belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Pola Belajar, Mahasiswa Disabilitas Netra
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:01
Last Modified: 16 Jun 2022 06:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51310

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum