Organisasi Kurikulum Pondok Pesantren Atsarus Salafiyah Sampang

M. Wildan, - and Muh. Wasith Achadi, - and Heru Juabdin Sada, - and Ahmad Syafak Khoirut Tobib, - (2022) Organisasi Kurikulum Pondok Pesantren Atsarus Salafiyah Sampang. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (4). pp. 5141-5149. ISSN p-ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071

[img]
Preview
Text (Organisasi Kurikulum Pondok Pesantren Atsarus Salafiyah Sampang)
Organisasi Kurikulum Pondok Pesantren Atsarus Salafiyah Sampang.pdf - Published Version

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1655342354.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
Official URL: https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Abstract

Mayoritas pesantren dianggap jauh dari realitas sosial, karena seolah-olah terdapat kesenjangan antara dunia pesantren dan dunia modern. Berangkat dari kegelisahan tersebut, beberapa pesantren saat ini mulai mengambil langkah strategis seperti perumusan kurikulum yang “progresif”. Pesantren yang merupakan lembaga pendidikan paling unik dibanding institusi yang lain yang otomatis perumusan kurikulumnya juga akan berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis organisasi dan desain kurikulum yang diterapkan di pesantren. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data menggunakan analisis deskriptif. Lokasi penelitian ini di Pondok Pesantren Atsarus Salafiyah Sampang. Temuan dari penelitian ini adalah Pondok Pesantren Atsarus Salafiyah Sampang memadukan antara organisasi kurikulum terpisah-pisah (Separated Subject Curriculum) dengan kurikulum terpadu (integrated curriculum). Sistem pembelajarannya menggunakan system tanpa kelas yang hanya membagi menjadi dua kelompok (marhalah). Metode pembelajaran yang diterapkan adalah tatap muka klasikal (sorogan dan bandongan) serta kooperatif learning. Sistem evaluasi yang diterapkan adalah tes lisan, hafalan, dan problem solving

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Organisasi Kurikulum, manajemen kurikulum, Pesantren
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:27
Last Modified: 16 Jun 2022 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51312

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum