AL 'ALAQAH AL FANIYAH FI AL QISSATAYN AL QASIRATAYN "AL JABABIRAH" LI NAJIB KAYLANI WA "'ALA SAJDAH AL HUBB" LI HABIBURROHMAN AL SHIRAZI (DIRASAH FI AL 'ADAB AL MUQARAN)

Muh. Ilham Shohib, S.Hum., NIM.: 19201010013 (2021) AL 'ALAQAH AL FANIYAH FI AL QISSATAYN AL QASIRATAYN "AL JABABIRAH" LI NAJIB KAYLANI WA "'ALA SAJDAH AL HUBB" LI HABIBURROHMAN AL SHIRAZI (DIRASAH FI AL 'ADAB AL MUQARAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL 'ALAQAH AL FANIYAH FI AL QISSATAYN AL QASIRATAYN "AL JABABIRAH" LI NAJIB KAYLANI WA "'ALA SAJDAH AL HUBB" LI HABIBURROHMAN AL SHIRAZI (DIRASAH FI AL 'ADAB AL MUQARAN))
19201010013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AL 'ALAQAH AL FANIYAH FI AL QISSATAYN AL QASIRATAYN "AL JABABIRAH" LI NAJIB KAYLANI WA "'ALA SAJDAH AL HUBB" LI HABIBURROHMAN AL SHIRAZI (DIRASAH FI AL 'ADAB AL MUQARAN))
19201010013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yang termasuk di dalamnya adalah untuk menyingkap hubungan antara cerpen al-jaba>biroh karya Najib Al-Kailani dengan cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy serta untuk mengetahui perubahan bentuk intertekstual dari cerpen Di Atas Sajadah Cinta yang disinyalir merupakan teks transformasi dari teks hipogramnya yaitu cerpen al-jaba>birohmeskipun setelah diteliti lebih lanjut didapatkan bahwa Habiburrahman El-Shirazy terinspirasi dari periwayatan seorang Tabi’in Ibrahim An Nakhai melalui kitab yang dikarang oleh Ibnu Qudamah yang berjudul “Kitab At-Tawwabin. Persamaan dari kedua cerpen tersebut dalam berbagai hal di antaranya adalah tokoh penokohan yang disajikan oleh kedua pengarang merupakan pemicu diadakan penelitian lanjut. Penelitian ini menggunakan teori sastra bandingan dengan cara membandingkan kedua cerpen tersebut. Selain itu, penelitian ini juga dibantu dengan adanya konsep intertekstual Julia Kristeva yang mengangggap bahwa setiap karya tidak terlepas dari karya sebelumnya. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam kedua cerpen tersebut terdapat hubungan yang sangat erat. Yaitu hubungan kesamaan dan perbedaan. Adapun persamaan dalam kedua cerpen tersebut ditinjau dalam intertekstualitas merupakan termasuk dari konsep transformasi dan perbedaan dalam kedua cerpen tersebut adalah bentuk dari konsep modifikasi. Adapun perubahan cerpen Di Atas Sajadah Cinta jika ditinjau dari intertekstual Julia Kristeva, cerpen tersebut mengalami beberapa perubahan yaitu: 1) Transformasi dalam tokoh penokohan, alur, dan gagasan. 2) Modifikasi dalam hal judul dan alur. 3) Defamilirasi dalam hal perubahan tokoh Afirah dari keinginannya memadu kasih dengan tokoh Zahid menjadi wanita yang Sholihah. 4) Eksistensi, dalam cerpen Di Atas Sajadah Cinta sering mengutip ayat-ayat Al-Quran. 5) Demitefikasi, pertentangan yang dilakukan oleh Habiburrahman El-Shirazy terhadap tokoh Sultan yang mengasingkan diridalam cerpen Najib Al-Kailanidengan tokoh Zahid yang memasrahkan diri kepada Allah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurain, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sastra Banding,Intertekstual, dan Cerpen
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 16 Jun 2022 09:28
Last Modified: 16 Jun 2022 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51317

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum