DINAMIKA KAJIAN HADIS DI PERGURUAN TINGGI (Studi Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2010-2019)

Isbaria, NIM.: 16551003 (2020) DINAMIKA KAJIAN HADIS DI PERGURUAN TINGGI (Studi Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2010-2019). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA KAJIAN HADIS DI PERGURUAN TINGGI (Studi Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2010-2019) SKRIPSI Diajukan Kepada)
16551003_ BAB-I_atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA KAJIAN HADIS DI PERGURUAN TINGGI (Studi Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2010-2019) SKRIPSI Diajukan Kepada)
16551003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kajian hadis oleh sebagian ahli telah mengalami stagnasi. Dalam pandangan pemerhati justru sebaliknya. Hadis terus berkembang dan mengarah pada prospek yang baik ke depan. Dengan pendekatan berbagai disiplin keilmuan, hadis dikaji ataupun terimplikasikan oleh berbagai lapisan masyarakat. Living hadis misalnya dapat melihat bagaimana interaksi masyarakat dengan hadis Nabi atau hadis yang hidup di masyarakat. Begitupun dengan arus globalisasi yang semakin masif di era modern seperti sekarang ini.Ragam upaya pemaknaan, pemahaman, dan kontekstualisasi cukup kentara dilakukan sarjana-sarjana ilmu hadis di perguruan-perguruan tinggi Islam di Indonesia. Penelitian ini bertujuan memetakan dinamika kajian hadis di perguruan tinggi Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan jenis penelitian kualitatif. Objek material yang digunakan adalah skripsi hadis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Implikasi lainnya adalah untuk mengetahui kontribusi UIN Sunan Kalijaga dalam keilmuan hadis yang terlihat jelas oleh selain dua faktor di atas, juga dari karya-karya tugas mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam satu dekade terakhir. Metode yang digunakan adalah peneliti melakukan inventarisasi skripsi hadis yang terdapat di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan meng-crosscheck ke digital library UIN Sunan Kalijaga. Lebih lanjut penelusuran dibantu oleh teknologi OPAC UIN Sunan Kalijaga. Lalu peneliti menganilisa temuan berdasarkan objek formal dan materialnya kajian. Dari proses penelitian ini dihasilkan beberapa temuan sebagai berikut: pertama, sepanjang proses perkembangannya dalam satu dekade terakhir, telah diberlakukan empat kurikulum di antaranya Kurikulum TH 2005, Kurikulum IAT 2013, Kurikulum IAT 2016, Kurikulum ILHA 2015, dan Kurikulum ILHA 2016. Selain itu dosen pembimbing akademik juga memberi pengaruh cukup signifikan bagi keterpilihan tema-tema kajian yang diangkat mahasiswa sebagai judul tugas akhir disamping juga oleh pengaruh buku-buku rujukan yang berkembang dan dikarang oleh dosen-dosen pada jurusan tersebut. Kedua, terdapat dinamika kajian di dalam skripsi jurusan Tafsir Hadis dan Ilmu Hadis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam rentang tahun 2010 hingga 2019 baik dari aspek kurikulum atau buku-buku rujukan yang digunakan selama proses pembelajaran. Ketiga, dari data yang telah terkumpul, terdapat beberapa analisa yaitu prospek kajian hadis di UIN Sunan Kalijaga cukup berkembang dan akan terus mengalami perkembangan. Hal ini terlihat jelas dari beberapa kajian yang jarang disentuh, bermunculan tren tema dan berkembang ranah-ranah kajian baru dalam milieu keilmuan hadis UIN Sunan Kalijaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Saifuddin Zuhri, S.Th. I., MA
Uncontrolled Keywords: Hadis, Dinamika Kajian, Penelitian Hadis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Studi llmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadis Jurnal
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Jun 2022 13:59
Last Modified: 27 Jun 2022 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51325

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum