INTERVENSI PEKERJAAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KASUS TK ABA JANTURAN KELURAHAN WARUNGBOTO, KECAMATAN UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA)

Anisah Nur’aini, NIM.: 15250063 (2020) INTERVENSI PEKERJAAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KASUS TK ABA JANTURAN KELURAHAN WARUNGBOTO, KECAMATAN UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (INTERVENSI PEKERJAAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KASUS TK ABA JANTURAN KELURAHAN WARUNGBOTO, KECAMATAN UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA))
15250063_BAB I_V_DAFTAR PUTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (INTERVENSI PEKERJAAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KASUS TK ABA JANTURAN KELURAHAN WARUNGBOTO, KECAMATAN UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA))
15250063_BAB II_SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pendidikan inklusi dengan siswa dari berbagai latar belakang dan kemampuan belajar berada di kelas yang sama, memerlukan penyesuaian satu sama lain. Berbagai peran dibutuhkan dalam mewujudkan pendidikan inklusi, seperti: orang tua, guru, pemerintah, dan masyarakat sekitar penting sebagai upaya mendukung pelaksanaan pendidikan inklusi di lingkungan. Pekerjaan sosial hadir sebagai perantara pemerintah - masyarakat – sekolah - orang tua - murid. Paradigma masyarakat terutama guru yang masih menganggap siswa difabel sebagai beban sehingga sulit untuk ditangani. Pekerja sosial sekolah berupaya untuk meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap difabel untuk mengoptimalkan proses belajar. Praktik pekerjaan sosial berupaya mengolaborasikan seluruh peran yang ada terutama sekolah dan keluarga. Skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian partisipatif action research. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran pekerjaan sosial cukup berhasil menciptakan perubahan sosial. Peneliti melibatkan seluruh support system yang ada di sekitar siswa difabel untuk mencapai keberhasilan. Proses intervensi yang dilakukan peneliti di antaranya engagement, assesmen, planning, pelaksanaan intervensi, monitoring, evaluasi, dan terminasi. Pelaksanaan Intervensi dilakukan di sekolah maupun di rumah. Peneliti mengoordinasikan sistem sumber yang ada dan memaksimalkan potensi yang ada. Peneliti berperan sebagai broker/perantara, enabler/pemercepat perubahan, fasilitator, educator, konselor, dan advocator. Peran-peran tersebut dilakukan sesuai kebutuhan siswa difabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Arif Maftuhin, M.Ag., MAIS.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Inklusif, Intervensi Pekerjaan sosial, dan Peran Pekerjaan sosial sekolah
Subjects: Pekerjaan Sosial
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:54
Last Modified: 24 Jun 2022 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51394

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum