UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK ABA KALIBULUS NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Ika Puji Astuti, NIM.: 15430101 (2019) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK ABA KALIBULUS NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK ABA KALIBULUS NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
15430101_BAB I ,II,III,IV,V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK ABA KALIBULUS NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
15430101_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak serta faktor pendukung dan penghambat keterampilan sosial anak di kelompok B TK ABA Kalibulus Ngemplak Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bertujuan mendeskripsikan dan mengambarkan mengenai keadaan di tempat penelitian menggunakan rangkaian kata-kata dengan mengambil subyek penelitian anak-anak kelompok B TK ABA Kalibulus Ngemplak Sleman yang berjumlah 26 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak di kelompok B TK ABA Kalibulus Ngemplak Sleman yaitu diantaranya: (1) Membiasakan anak mengucap “tolong”, “maaf”, dan “terima kasih”, (2) Kegiatan bermain bersama atau bermain sosial, (3) Kegiatan makan bersama, dan (4) Kegiatan bercerita. Berbagai kegiatan yang dilakukan dalam upaya meningkatkan keterampilan sosial anak tentu tidak berjalan dengan mudah. Guru juga menemukan beberapa hal yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan keterampilan sosial anak. Faktor pendukungnya adalah teladan baik dari guru, media pembelajaran yang memadahi, peran serta orang tua dalam mendidik anak. Ada pula faktor penghambatnya adalah kesehatan anak yang kurang baik, anak yang pendiam yang menarik diri dari lingkungan sosial, anak yang sulit mengikuti aturan dan pola asuh orang tua yang salah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ichsan, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Meningkatkan Keterampilan Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jun 2022 11:01
Last Modified: 24 Jun 2022 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51398

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum