IMPLEMENTASI BIMBINGAN PERKAWINAN SEBAGAI FONDASI KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI KUA KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN 2022)

Muhammad Dian Mas'udi, NIM.: 18103050039 (2022) IMPLEMENTASI BIMBINGAN PERKAWINAN SEBAGAI FONDASI KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI KUA KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN 2022). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BIMBINGAN PERKAWINAN SEBAGAI FONDASI KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI KUA KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN 2022))
18103050039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BIMBINGAN PERKAWINAN SEBAGAI FONDASI KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI KUA KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN 2022))
18103050039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi peraturan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam No. 189 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin sebagai fondasi keluarga sakinah di KUA Kecamatan Kotagede Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Kotagede beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseacrh) berbentuk kualitatif dengan objek Bimbingan Perkawinan di KUA Kecamatan Kotagede Yogyakarta. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis yang berupaya memberikan gambaran yang mendetail tentang masalah hukum, sistem hukum dan mengkajinya secara sistematis berdasarkan sumber data lapangan yang dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan bahan Pustaka sebagai bahan pelengkap. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris dimana penelitian ini menganalisis permasalahan yang dilakukan dengan cara memadukan bahan hukum data sekunder peraturan undang-undang dengan bahan hukum primer yang ada di lapangan yaitu pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin yang diselenggarakan di KUA Kecamatan Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara teknis, pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin di KUA Kecamatan Kotagede dilaksanakan dengan berpedoman pada ketentuan dan peraturan yang berlaku yaitu Keputusan Direktur Jenderal Bimas Islam No. 189 Tahun 2021. Namun pelaksanaannya dapat dikatakan belum sempurna, mulai dari tidak dibagikannya tes pemahaman kepada calon pengantin dan tidak diterapkannya peraturan remidial yakni mengikuti kembali bimbingan perkawinan bagi calon pengantin yang belum mengikuti seluruh sesi bimbingan perkawinan. Adapun faktor pendukung pelaksanaan bimbingan perkawinan meliputi: 1. Prasarana yang cukup memadai, 2. Materi yang disampaikan dalam bimbingan perkawinan telah dibukukan, 3. Terjalinnya kerja sama dengan beberapa instansi dengan baik. Sedangkan faktor yang menghambat jalannya program bimbingan perkawinan mencakup: 1. Banyaknya calon pengantin yang berhalangan hadir karena tidak mendapatkan izin dari pekerjaan, 2. Keterlambatan fasilitator yang menjadikan materi tidak tersampaikan sepenuhnya karena keterbatasan waktu, 3. Kurangnya improvisasi beberapa narasumber dalam penyampaian, 4. Minimnya sarana bagi calon pengantin, 5. Minimnya kesadaran calon pengantin terhadap pentingnya bimbingan perkawinan dalam mewujudkan keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Abu Bakar Abak, MM
Uncontrolled Keywords: Impelementasi, Bimbingan Perkawinan, KUA Kotagede, Keluarga Sakinah
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Bimbingan Perkawinan
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 01 Jul 2022 10:51
Last Modified: 01 Jul 2022 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51409

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum