OPTIMALISASI FUNGSI SOSIAL MASJID AL-MUBAROK DALAM UPAYA PENANGANAN DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN KANIGORO, KECAMATAN KARTOHARJO, KOTA MADIUN

Misfalah, NIM.: 18107020014 (2022) OPTIMALISASI FUNGSI SOSIAL MASJID AL-MUBAROK DALAM UPAYA PENANGANAN DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN KANIGORO, KECAMATAN KARTOHARJO, KOTA MADIUN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI FUNGSI SOSIAL MASJID AL-MUBAROK DALAM UPAYA PENANGANAN DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN KANIGORO, KECAMATAN KARTOHARJO, KOTA MADIUN)
18107020014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI FUNGSI SOSIAL MASJID AL-MUBAROK DALAM UPAYA PENANGANAN DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN KANIGORO, KECAMATAN KARTOHARJO, KOTA MADIUN)
18107020014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis fungsi dan peran masjid pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena pada masa pandemi, masjid yang seringkali dianggap sebagai pusat penyebaran virus Covid-19 justru memiliki peran yang cukup besar dalam menanggulangi dampak pandemi Covid-19 yang kompleks terjadi di tengah-tengah masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi mengenai optimalisasi fungsi masjid Al-Mubarok kelurahan Kanigoro kota Madiun di masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masjid al-Mubarok berperan dalam mengatasi problematika yang muncul pada saat pandemi Covid-19. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid al-Mubarok juga berperan dalam mengatasi problem-problem sosial lainnya baik di bidang kesehatan seperti penyemprotan disinfektan, penyediaan handsanitizer dan berbagi masker. Di bidang ekonomi terdapat program Dawis (Dasa Wisma) yaitu pengumpulan dana iuran untuk masyarakat yang terdampak Covid-19, kemudian program berbagi makanan berupa nasi bungkus pada saat sholat jum’at yang dikenal program Jum’at berkah. Kemudian pada bidang sosial dan budaya, masjid berperan penting dalam hal memberikan sosialisasi yang bertujuan meluruskan cara pandang masyarakat mengenai Covid-19 seperti jika terdapat warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 maka yang dijauhi hanya kontak fisiknya saja bukan ikatan sosialnya yang turut memudar. Selain itu masjid kegiatan yang ada di masjid dapat memperkuat solidaritas sosial masyarakat di masa pandemi Covid-19. Dari hal yang telah dipaparkan diatas dapat dikatakan masjid dapat dioptimalkan peran dan fungsi sosialnya dalam penanganan pandemi, sehingga stigma negatif yang sempat muncul di masyarakat bahwa masjid merupakan tempat penularan Covid 19 akan hilang dengan sendirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: .Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Fungsi Sosial, Masjid, Pandemi Covid-19, dan Islam
Subjects: Covid-19
Masjid
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Jun 2022 14:35
Last Modified: 27 Jun 2022 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51451

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum