FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB REMAJA HAMIL DI LUAR NIKAH (STUDI KASUS 4 REMAJA WARGA DESA RATO KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT)

Furqon Nulhikmah, NIM.: 18103050017 (2022) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB REMAJA HAMIL DI LUAR NIKAH (STUDI KASUS 4 REMAJA WARGA DESA RATO KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB REMAJA HAMIL DI LUAR NIKAH (STUDI KASUS 4 REMAJA WARGA DESA RATO KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT))
18103050017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB REMAJA HAMIL DI LUAR NIKAH (STUDI KASUS 4 REMAJA WARGA DESA RATO KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT))
18103050017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hamil di luar nikah kini menjadi masalah yang sering dijumpai di perkotaan bahkan pedesaan. Hal ini terjadi akibat maraknya pergaulan bebas dan juga karena lemahnya iman agama pada diri seseorang, maraknya kejadian hamil di luar nikah sangat merugikan kehidupan individu, keluarga bahkan masyarakat, baik dari secara biologis maupun psikologis. Berdasarkan hasil wawancara, didapatkan data bahwa dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2020 kasus pernikahan hamil di luar nikah di desa Rato kecamatan Bolo kabupaten Bima NTB semakin bertambah setiap tahunnya. Hasil data yang didapatkan terdapat 19 kasus pernikahan hamil di luar nikah dalam 3 tahun kebelakang. Hal ini merupakan angka yang cukup besar dalam sebuah desa dan mengalami kenaikan dalam tahun. Apabila dibandingkan dengan desa lainnya, tentu kasusnya tidak sebanyak desa Rato. Rumusan masalah pada penelitian ini uyaitu untuk mengetahui faktor-faktor penyebab pernikahan hamil di luar nikah dan bagaimana analisis sosiologi hukum islam terhadap faktor-faktor tersebut. Hasil dari penelitian ini menjawab 2 pokok masalah yang dijadikan rumusan masalah pada penelitian ini. Penelitian lapangan (field research) ini bersifat analisis deskriptif. Sumber data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu data primer yang didapat dari hasil wawancara 4 remaja pelaku pernikahan hamil di luar nikah di desa Rato dan data sekunder yang di dapat dari data pendukung lainnya. Pendekataan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan Sosiologi Hukum Islam. Analisis data kualitatif menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor peran keluarga dan faktor lingkungan sosial merupakan 2 faktor utama yang sangat mendominasi terhadap penyebab terjadinya kehamilan remaja di luar nikah. Di samping kedua faktor tersebut, faktor minimnya pemahaman agama juga menjadi salah satu faktor penyebab yang kita tidak dapat menafikannya. Peneliti tidak menemukan bahwa faktor pendidikan dan faktor ekonomi menjadi acuan pemicu yang mendasar dalam fenomena hamil di luar ikatan pernikahan. Pernikahan hamil diluar nikah pada remaja desa Rato tidak sesuai dengan hukum agama Islam dikarenakan atas dasar mereka melakukan pernikahan akibat perbuatan yang melenceng dari ajaran agama islam (zina). Namun pernikahan mereka sesuai dengan hukum positif yang berlaku di Indonesia dan tercatat di KUA kecamatan Bolo Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra.Hj. Ermi Suhasti Syafe‟i. M.Si
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor hamil di Luar Nikah, Sosiologi Hukum Islam
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 01 Jul 2022 15:31
Last Modified: 01 Jul 2022 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51478

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum