PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI TRIGONOMETRI

Rita Maelisa, NIM.: 15600007 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI TRIGONOMETRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI TRIGONOMETRI)
15600007_SEBELUM_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI TRIGONOMETRI)
15600007_BAB II_sampai_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Media pembelajaran game edukasi MACIO (Matching Trigono) untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa materi trigonometri. Aplikasi game edukasi MACIO (Matching Trigono) memuat materi dan game tentang trigonometri dengan sasaran siswa SMA/SMK/MA X yang telah mempelajari materi trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan PPE. Tahapan model pengembangan PPE meliputi planning (Perencanaan), production (Produksi) dan evaluation (evaluasi). Kriteria ketercapaian kualitas pada aplikasi game edukasi MACIO (Matching Trigono) dilakukan dengan pengujian sehingga dinyatakan valid oleh para ahli serta dinyatakan praktis oleh peserta didik. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi game edukasi MACIO (Matching Trigono) yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran matematika. Melalui pengujian yang dilakukan oleh ahli materi, aplikasi game edukasi ini mendapat persentase keidealan sebesar 85% (Sangat Baik), dan oleh ahli media aplikasi game edukasi ini mendapat persentase keidealan sebesar 90,15% (Sangat Baik) sehingga aplikasi game edukasi MACIO (Matching Trigono) dikatakan valid. Pengujian untuk mengetahui kepraktisan penggunaan aplikasi game edukasi oleh 4 peserta didik mendapat persentase sebesar 80,21% sehingga aplikasi ini dikatakan praktis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi game edukasi MACIO (Matching Trigono) layak disebut sebagai aplikasi edukasi untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Pemahaman Konsep, Trigonometri
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Jun 2022 09:50
Last Modified: 28 Jun 2022 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51480

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum