URGENSI PERATURAN KEMENDIKBUD NOMOR 30 TAHUN 2021 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (MAQASID SYARIAH)

Mahmud Arif, NIM.: 17103070007 (2022) URGENSI PERATURAN KEMENDIKBUD NOMOR 30 TAHUN 2021 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (MAQASID SYARIAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (URGENSI PERATURAN KEMENDIKBUD NOMOR 30 TAHUN 2021 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (MAQASID SYARIAH))
17103070007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (URGENSI PERATURAN KEMENDIKBUD NOMOR 30 TAHUN 2021 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (MAQASID SYARIAH))
17103070007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kekerasan seksual dapat diartikan sebagai suatu tindakan atau perbuatan yang mengintimidasi seseorang yang berhubungan dengan keintiman atau hubungan seksualitas yang dilakukan oleh seorang pelaku dengan cara memaksa. Oleh karena perbuatan tersebut, mengakibatkan korban menderita secara fisik maupun psikis. Banyaknya kejadian kekerasan seksual di kampus membuat Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi membuat peraturan khusus yaitu Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus. dengan adanya peraturan tersebut diharapkan dapat meminimalisir kejadian kekerasan seksual terulang kembali, dan untuk para korban mendapatkan bantuan hukum yang jelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan yuridis-empiris, penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan menguraikan dan menganalisis permasalahan yang akan diteliti kemudian penelitian ini diperoleh dari subjek-objek secara langsung dilapangan melalui wawancara dan angket, serta data dari berbagai media lain seperti jurnal, buku, artikel dan terkait lainnya. Hasil Penelitian ini menjelaskan bahwa adanya pengaruh dan kepentingan yang besar dari peraturan kemendikbud tersebut kepada kekerasan seksual dikampus. Selain itu juga Peraturan ini juga sesuai dan sejalan dengan bentuk-bentuk dari Hukum Islam (Maqasid Syariah) yaitu Hifdzu Din (Memelihara Agama), Hifdzu Nasb (Memelihara Keturunan), Hifdzu Mal (Memelihara Harta), Hifdzu Nafs (Memelihara Jiwa), Hifdzu Aql (Memelihara Akal).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Yani Anshori, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kekerasan Seksual, Menteri, Permendikbud, Maqasid Syariah
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Jul 2022 11:18
Last Modified: 04 Jul 2022 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51500

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum