DAMPAK BILINGUALISME TERHADAP KOMUNIKASI; STUDI CODE SWITCHING KOMENTAR NETIZEN DALAM AKUN TIKTOK ZAINAB AL-KHAFAJI

Jauharotul Firdaus, NIM.: 20201011002 (2022) DAMPAK BILINGUALISME TERHADAP KOMUNIKASI; STUDI CODE SWITCHING KOMENTAR NETIZEN DALAM AKUN TIKTOK ZAINAB AL-KHAFAJI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK BILINGUALISME TERHADAP KOMUNIKASI; STUDI CODE SWITCHING KOMENTAR NETIZEN DALAM AKUN TIKTOK ZAINAB AL-KHAFAJI)
20201011002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK BILINGUALISME TERHADAP KOMUNIKASI; STUDI CODE SWITCHING KOMENTAR NETIZEN DALAM AKUN TIKTOK ZAINAB AL-KHAFAJI)
20201011002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, jenis, fungsi alih kode beserta penyebab terjadinya alih kode dalam kolom komentar akun TikTok Zainab Alkhfagi. Adapun yang menjadi objek material dalam penelitian ini adalah bahasa yang digunakan oleh para komentator yang berkecimpung dalam akun TikTok tersebut sedangkan objek formalnya adalah alih kode pada ujaran yang dituturkan para komentator. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi yang meliputi baca dan catat. Data-data yang terkumpul pada penelitian ini akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan model analisis data menurut Miles dan Huberman. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu ditemukan Bentuk alih kode yang ada di kolom komentar Akun terdiri dari bentuk alih kode Inter-Sentential Switching, bentuk alih kode Intra-Sentential Switching, bentuk alih kode Emblematic Switching, yang berarti dalam objek ini terdapat semua bentuk dari alih kode namun yang terbanyak adalah pengunaan bentuk alih kode Intra-Sentential Switching pada unit kata. Adapun jenis alih kode yang ada di kolom komentar Akun Tiktok Zainab Al-Khafaji terdiri dari jenis penyisipan, jenis peralihan, dan jenis leksilikalisasi konguruen yang berarti dalam objek ini terdapat semua jenis dari alih kode namun yang terbanyak adalah pengunaan jenis penyisipan. Fungsi alih kode yang ada di kolom komentar Akun Tiktok Zainab Al-Khafaji terdiri dari fungsi referensi, fungsi direktif, fungsi ekspresif, fungsi phatic function, fungsi metalinguistik dan fungsi poetic yang berarti dalam objek ini terdapat semua bentuk dari alih kode namun yang jarang sekali yang fungsinya adalah phatic funcion dan poetic function. Penyebab alih kode alih kode dalam kolom komentar Akun Tiktok Zainab Al-Khafaji terdiri dari beberapa sebab, diantara yang terbanyak adalah: Kesulitan dalam mengucapkan suatu bahasa, Tidak ada kata yang cocok dalam bahasa tertentu dan Keinginan memamerkan kemampuan linguistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hisyam Zaini, M.A.
Uncontrolled Keywords: Alih Kode, Bilingualism, Komentar, Tiktok
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Bahasa Arab - Kata Kerja
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Jun 2022 11:57
Last Modified: 28 Jun 2022 11:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51503

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum