JUAL BELI MATA UANG ZENNY GAME ONLINE RAGNAROK X NEXT GENERATION MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS RYN SHOP DI SURABAYA)

Muhammad Yulianto Wibowo, NIM.: 15380017 (2022) JUAL BELI MATA UANG ZENNY GAME ONLINE RAGNAROK X NEXT GENERATION MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS RYN SHOP DI SURABAYA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUAL BELI MATA UANG ZENNY GAME ONLINE RAGNAROK X NEXT GENERATION MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS RYN SHOP DI SURABAYA))
15380017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (JUAL BELI MATA UANG ZENNY GAME ONLINE RAGNAROK X NEXT GENERATION MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS RYN SHOP DI SURABAYA))
15380017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berbagai macam bisnis yang dilakukan pada game online Ragnarok X Next Generation ini ada berbagai macam objek, mulai dari jasa daily odin, mission board, auto grinding odin, habisin stamina, jual beli akun, hingga jual beli Zenny di dalam game itu sendiri. Adapun transaksi yang dilakukan dalam jual beli Zenny. yang dimana wujud barangnya sendiri masih berbentuk virtual maka dari itu penulis menjadikan Ryn sebagai subjek penelitian karena bertindak sebagai penjual Zenny dalam game Ragnarok X Next Generation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan praktik jual beli mata uang (Zenny) dalam Game Ragnarok X Next Generation dan untuk mengkaji hukum jual beli Zenny dalam game Ragnarok X Next Generation menurut hukum Islam. Teori yang digunakan adalah akad jual beli, akad as-Salam, dan Konsep Harta dalam Islam, sedangkan metodenya dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat deskriptif-analitik. Pendekatannya menggunakan Fiqh Muamalah, dengan membandingkan data yang diperoleh dilapangan dengan data kepustakaan. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dilapangan. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, Jual beli mata uang (Zenny) game Ragnarok X Next Generation dilakukan dengan dua macam cara. Cara yang pertama yaitu secara online dan cara yang kedua yaitu secara cod. Akan tetapi penjual biasanya menggunakan cara online dikarenakan terlalu jauh untuk bertemu langsung. Pada dasarnya kedua cara jual beli tersebut kembali pada kesepakatan akad yang dilakukan oleh pihak-pihak yang berakad. Kedua, dalam jual beli ini termasuk jual beli salam karena transaksi yang dilakukan yaitu pihak penjual menyerahkan Zenny terlebih dahulu setelah adanya pembayaran terlebih dahulu dari pihak pembeli. Bahkan terkadang pembeli menanyakan ketersediaan stok Zenny kepada penjual atau juga melakukan pesan order terlebih dulu kepada penjual, apabila stok sudah tersedia maka penjual akan memberitahu ke pembeli bahwa pesanannya sudah tersedia. Dilihat dari rukun dan syaratnya transaksi jual beli Zenny dikatakan sah menurut hukum Islam. Menurut imam hanafi Zenny dapat digolongkan sebagai harta, karena Zenny tersebut dapat diserah terimakan dari pihak penjual ke pihak pembeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Mughits, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Zenny Game Ragnarok X
Subjects: Ekonomi Syariah
Hukum Islam > Jual Beli dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 04 Jul 2022 11:20
Last Modified: 04 Jul 2022 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51507

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum