ANALISIS LINGKUNGAN TERHADAP STRATEGI MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN DI GROSIR KAIN IHRAM KLATEN

Ahmad Fachri, NIM.: 17102040066 (2022) ANALISIS LINGKUNGAN TERHADAP STRATEGI MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN DI GROSIR KAIN IHRAM KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS LINGKUNGAN TERHADAP STRATEGI MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN DI GROSIR KAIN IHRAM KLATEN)
17102040066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS LINGKUNGAN TERHADAP STRATEGI MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN DI GROSIR KAIN IHRAM KLATEN)
17102040066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis lingkungan terhadap strategi dalam meningkatkan jumlah konsumen di Grosir Kain Ihram Klaten. Penelitian ini dilator belakangi atas semakin masifnya persaingan dalam dunia bisnis, sehingga para pelaku bisnis di berbagai sektor dituntut untuk mengatur strategi yang tepat agar dapat memenangkan persaingan dari para kompotitornya lainnya (meningkatkan jumlah konsumen), terutama dalam bidang yang sama seperti salah satunya bisnis kain ihram. Dalam hal ini yang menjadi acuan pertama adalah perihal strategi dalam meningkatkan jumlah konsumen dan analisis lingkungan dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT sehingga nantinya akan mendapatkan keterangan perihal penggunaan strategi Grosir Kain Ihram saat ini dan penggunaan strategi yang dibuat berdasarkan analisis lingkungan dari Grosir Kain Ihram Klaten. Adapun analisis SWOT sendiri adalah salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam menentukan strategi yang akan dipakai dengan melihat kondisi internal (kekuatan dan kelemahan) dan kondisi eksternal perusahaan (peluang dan ancaman), yang akan memudahkan perusahaan untuk mencapai tujuan utamanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan dengan cara observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori lingkungan bisnis yang dikemukakan oleh Adji Suratman. Adapun metode analisis SWOT yang dipakai adalah metode yang dikemukakan oleh Freddy Rangkuti. Hasil penelitian ini adalah Grosir Kain Ihram Klaten telah berhasil meningkatkan jumlah konsumen dalam penjualan produknya. Penerapan teori strategi dalam meningkatkan jumlah konsumen berjalan dengan baik akan tetapi jauh lebih baik lagi jika menerapkan analisis SWOT dalam pembuatan strategi yang dipakai sehingga dapat mengetahui kondisi lingkungan bisnis perusahaaan secara internal dan eksternal, serta meminimalisir kemungkinan terburuk yang dapat terjadi sehingga operasional perusahaan dapat berjalan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis Lingkungan, Strategi Meningkatkan Jumlah Konsumen, Analisis SWOT
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Jun 2022 13:31
Last Modified: 28 Jun 2022 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51509

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum