MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI MELALUI PROGRAM ENTREPRENEURSHIP DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL MUMTAZ GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Moh. Rizal Julmi, NIM.: 17102040074 (2022) MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI MELALUI PROGRAM ENTREPRENEURSHIP DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL MUMTAZ GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI MELALUI PROGRAM ENTREPRENEURSHIP DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL MUMTAZ GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17102040074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI MELALUI PROGRAM ENTREPRENEURSHIP DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL MUMTAZ GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17102040074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dampak pandemi covid19 sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Kewirausahaan atau entrepreneurship merupakan salah satu langkah yang perlu dilakukan pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi. Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang keberadaanya sudah menjamur di masyarakat diharapkan mampu menjadi tonggak awal dalam rangka peningkatan jumlah wirausahawan melalui sistem pendidikanya. Namun, minimnya jumlah pesantren yang menerapkan sistem pembelajaran berbasis entrepreneursship masih menjadi kendala yang ada saat ini. Pondok Pesantren Terpadu Al Mumtaz melalui Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) merupakan salah satu pesantren yang telah menerapkan pembinaan terhadap santrinya melalui program kewirausahaan atau entrepreneurship. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan tentang manajemen pembinaan santri melalui program entrepreneurship di Pondok Pesantren Terpadu Al Mumtaz Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field-research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data diambil melalui buku, jurnal, website, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian ini yaitu kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis Milles dan Huberman dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pondok Pesantren Terpadu Al Mumtaz telah menerapkan sistem manajemen dalam rangka pembinaan santri secara optimal melalui fungsi manajemen Lyndal F. Urwick, yaitu peramalan (forecasting), perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (commanding), pengkoordinasian (coordinating), dan pengawasan (controlling) Hal tersebut dibuktikan dengan adanya produk kewirausahaan santri baik itu berupa produk jasa (mumtaz laundry), produk barang (ataz mineral,bakpia istana, roti rotaz) dan produk kewirausahaan lainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Achmad Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembinaan Santri, Entrepreneurship, Pesantren
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Jun 2022 13:34
Last Modified: 28 Jun 2022 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51510

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum