DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DAKWAH INSTAGRAM NU ONLINE

Viyya Izdahara Zahiyya Mumtaza, NIM.: 18102010024 (2022) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DAKWAH INSTAGRAM NU ONLINE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DAKWAH INSTAGRAM NU ONLINE)
18102010024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DAKWAH INSTAGRAM NU ONLINE)
18102010024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu akun instagram yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan aktivitas dakwah adalah @nuonline_id. Konten dakwah yang ditayangkan dalam media sosial tidak hanya membutuhkan tampilan yang menarik, namun juga mampu mengantarkan pesan dakwah kepada sasarannya (mad’u). Dalam pembuatan tampilan konten yang menarik tentunya perlu memperhatikan elemen desain agar desain tampak harmonis, yang setiap elemen dalam desain tersebut memiliki karakter masing-masing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengkaji mengenai penggunaan karakter desain komunikasi visual dalam poster dakwah yang diunggah oleh NU online lewat akun media sosial instagram @nuonline_id. Hasil dari penelitian ini adalah: Dalam pembuatan desain pada konten-kontennya, NU Online telah menerapkan unsur dan prinsip desain komunikasi visual, unsur yang kerap digunakan adalah garis horizontal yang memiliki karakter tenang, bentuk geometrik yang memiliki karakter teratur, warna hijau yang identik dengan Nahdlatul Ulama dan memiliki karakter yang melambangkan kesuburan, tipografi sans serif karena lebih mudah terbaca pada layar dan memiliki karakter yang sederhana, dan ilustrasi berupa foto yang memiliki karakter informatif karena berguna sebagai penguat informasi. Adanya keharmonisan dari berbagai unsur desain yang digunakan, NU Online juga menerapkan prinsip keseimbangan asimetris dan prinsip kesatuan (unity) pada ke-empat poster tersebut yakni adanya keselarasan antara tema, tipografi, warna, bentuk, dan sebagainya. Dengan adanya penerapan unsur dan prinsip desain tersebut, tanda yang muncul dari ke-empat poster yang paling banyak disukai oleh mad’u adalah poster dengan karakter simpel, variatif, dan modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhamad Lutfi Habibi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Desain Komunikasi Visual, Dakwah Digital, Instagram NU online
Subjects: Penyiaran Islam
Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Jun 2022 14:08
Last Modified: 28 Jun 2022 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51513

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum