ANALISIS SEMIOTIKA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PESAN DAKWAH TAFRIQ PADA AKUN INSTAGRAM @terasdakwah

Farkhan Al Faiz, NIM.: 18102010042 (2022) ANALISIS SEMIOTIKA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PESAN DAKWAH TAFRIQ PADA AKUN INSTAGRAM @terasdakwah. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SEMIOTIKA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PESAN DAKWAH TAFRIQ PADA AKUN INSTAGRAM @terasdakwah)
18102010042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SEMIOTIKA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PESAN DAKWAH TAFRIQ PADA AKUN INSTAGRAM @terasdakwah)
18102010042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Inovasi dalam menyampaikan pesan dakwah harus terus dikembangkan, agar kegiatan dakwah mampu memberikan kebermanfaatan untuk umat yang lebih luas. Penyampaian pesan dakwah melalui karya visual merupakan cara yang efektif untuk mengembangkan dakwah, karena manusia sangat peka dengan hal-hal yang tampak secara visual. Oleh kerena itu Desain Komunikasi Visual (DKV) sebagai sebuah ilmu dalam kajia ilmu komunikasi layak untuk dipelajari oleh aktifis dakwah. Pesan dakwah sebagai materi dakwah juga harus dikembangkan, agar relevan dengan situasi dan memberikan dampak bagi perubahan sosial. Dakwah Tafriq (kritik sosial), merupakan salah satu bentuk peran dakwah yang sejalan dengan semangat Amar ma’ruf nahi mungkar dalam rangka mewujudkan perubahan sosial ke arah yang lebih baik. Situasi pandemi Covid-19 telah banyak merubah pola hidup masyarakat, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat cukup mempersulit mobilitas masyarakat sehingga berdampak pada kondisi ekonomi masyarakat. Kondisi ini lah yang menjadikan perlunya kegatan dakwah yang mampu memberikan alternatif bagi perubahan sosial, salah satunya dengan menyampaikan pesan dakwah Tafriq (kritik sosial) melalui karya Desain Komunikasi Visual seperti yang dilakukan oleh akun Instagram @terasdakwah. Penelitian ini, masuk dalam kategori penelitian kualitatif yang menganalisis makna pesan dakwah Tafriq (kritik sosial) dalam sebuah karya Desain Komunikasi Visual. Pembedahan makna pada karya visual menggunakan pendekatan analisis semiotika komunikasi visual Sumbo Tinarbuko dan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, dalam proses penyampaian pesan secara visual, unsur-unsur dan prinisp DKV berperan penting untuk membangun estetika sebuah karya visual. Kedua, makna denotasi dari konten yang dianalisis adalah representasi dari keresahan dan kegelisahan masyarakat di masa pandemi Covid-19. Makna konotasi yang terkandung dalam ketiga karya visual @terasdakwah adalah berupa kritik terhadap fenomena yang terjadi pada masa pemberlakuan PPKM. Ketiga, kecenderungan Isu sebagai bahan kritik sosial pada akun @terasdakwah juga sekaligus mengandung makna konotasi pada karya visual yang diunggah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhamad Lutfi Habibi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Desain Komunikasi Visual, Pesan Dakwah, Kritik Sosial, Instagram
Subjects: Komunikasi Islam
Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Jun 2022 14:14
Last Modified: 28 Jun 2022 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51515

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum