BIMBINGAN KARIR UNTUK PENGEMBANGAN VOCATIONAL SKILL PADA GELANDANGAN DAN PENGEMIS DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA

Sanny Handayani, NIM.: 18102020055 (2022) BIMBINGAN KARIR UNTUK PENGEMBANGAN VOCATIONAL SKILL PADA GELANDANGAN DAN PENGEMIS DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KARIR UNTUK PENGEMBANGAN VOCATIONAL SKILL PADA GELANDANGAN DAN PENGEMIS DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
18102020055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KARIR UNTUK PENGEMBANGAN VOCATIONAL SKILL PADA GELANDANGAN DAN PENGEMIS DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA)
18102020055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

khususnya kota-kota besar salah satunya Yogyakarta. Banyak faktor penyebab munculnya gelandangan dan pengemis, salah satunya adalah sulitnya persaingan kerja dan kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan. Di Kota Yogyakarta masih cukup banyak dijumpai para gelandangan dan pengemis di beberapa titik khususnya di tempat-tempat wisata. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam mengurangi populasi gelandangan dan pengemis salah satunya dengan penyediaan pendampingan sosial melalui Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Yogyakarta (BRSBKL). Dengan adanya pelatihan keterampilan di Balai Rehabilitasi Bina Karya dan Laras Yogyakarta (BRSBKL) bisa mengembangakan vocational skill para gelandangan dan pengemis agar bisa bertahan hidup dengan skill yang dimiliki saat kembali ke masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 Pekerja Sosial, 2 Instruktur keterampilan dan 4 warga binaan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode bimbingan karir untuk pengembangan vocational skill pada gelandangan dan pengemis di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras (BRSBKL) Yogyakarta. Hasil menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan karir di BRSBKL menggunakan metode ceramah, metode praktek lapangan dan metode karya wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PembimReza Mina Pahlewi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir, Vocational Skill, Gelandangan dan Pengemis
Subjects: Masalah Sosial
Profesi > Karir
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Jun 2022 15:11
Last Modified: 29 Jun 2022 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51539

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum