HOME INDUSTRY GRIYA MANIK : (STUDI STRATEGI DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PLUMBON GAMBANG, KECAMATAN GUDO, KABUPATEN JOMBANG)

Alfina Nur Qodriah, NIM.: 18102030005 (2022) HOME INDUSTRY GRIYA MANIK : (STUDI STRATEGI DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PLUMBON GAMBANG, KECAMATAN GUDO, KABUPATEN JOMBANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HOME INDUSTRY GRIYA MANIK : (STUDI STRATEGI DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PLUMBON GAMBANG, KECAMATAN GUDO, KABUPATEN JOMBANG))
18102030005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HOME INDUSTRY GRIYA MANIK : (STUDI STRATEGI DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PLUMBON GAMBANG, KECAMATAN GUDO, KABUPATEN JOMBANG))
18102030005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home industry Griya Manik di Desa Plumbon Gambang merupakan salah satu upaya dalam memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan melalui home industry Griya Manik dengan memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat sekitar.Penelitian ini menjelaskan tentang strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home industry Griya Manik dan dampak pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home industry Griya Manik di Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi dan dampak pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home industry Griya Manik di Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang. jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pada proses pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Home Industry Griya Manik merupakan salah satu usaha manik-manik yang didiran oleh Bapak Suloso dan sudah masuk pasar lokal, nasional dan internasional. home industry griya manik juga salah satu rumah industry yang masih eksis sampai sekarang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi dan dampak pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home industry Griya Manik. Adapun hasil dari strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui home industry Griya Manik adalah melalui 3 (tiga) strategi yaitu, Pertama, pendekatan mikro-bottom up dengan menjaga hubungan internal keluarga dalam meminimalisir konflik, perluasan jaringan pemasaran produk home industry, Kedua, pendekatan mezzo-top down dengan peningkatan kapasitas dan pendampingan dalam manajemen inovasi. Ketiga, pendekatan makro-top down dengan memperkuat relasi dengan lembaga lain. Dampak dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Home Industry Griya Manik adalah membuka lapangan pekerjaan baru, menambah keterampilan masyarakat, membantu dalam terpenuhinya kebutuhan hidup, dan mengurangi angka pengangguran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Home Industry, Manik-Manik, Desa Plumbon Gambang
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Jun 2022 15:25
Last Modified: 29 Jun 2022 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum