STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (STUDI PADA KUBE SEJAHTERA XVIII YKKT 024 WIROBRAJAN YOGYAKARTA)

Muchlas Ardiansyah, NIM.: 18102030030 (2022) STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (STUDI PADA KUBE SEJAHTERA XVIII YKKT 024 WIROBRAJAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (STUDI PADA KUBE SEJAHTERA XVIII YKKT 024 WIROBRAJAN YOGYAKARTA))
18102030030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA (STUDI PADA KUBE SEJAHTERA XVIII YKKT 024 WIROBRAJAN YOGYAKARTA))
18102030030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tentang Strategi Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (Studi pada KUBE Sejahtera XVIII YKKT 024 Wirobrajan Yogyakarta). Penelitian ini berangkat dari potensi KUBE Sejahtera XVIII YKKT 024 Wirobrajan Yogyakarta karena telah mendapatkan berbagai prestasi dalam mengikuti program KUBE. Bagaimana langkah-langkah yang ditempuh anggota KUBE ini dalam melaksanakan program KUBE bahkan sampai meraih berbagai prestasi? Apakah dengan berbagai prestasi yang telah diraih mampu meningkatkan ekonomi anggota KUBE? Berdasarkan perihal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti strategi yang dilakukan dan dampak ekonomi yang diterima KUBE Sejahtera XVIII YKKT 024 Wirobrajan Yogyakarta dalam menjalankan program KUBE. Pada pelaksanaan penelitian ini, peneliti melakukan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menyajikan hasil penelitian secara menyeluruh disertai percakapan langsung dari informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik yang digunakan untuk menentukan informan adalah purposive sampling. Validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dalam verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi yang digunakan anggota KUBE Sejahtera XVIII YKKT 024 Wirobrajan Yogyakarta dalam peningkatan ekonomi dengan melakukan diskusi partisipatif, Monitoring dan Evaluasi (MONEV) anggota melalui media pembukuan, melakukan manajemen keuangan anggota, melakukan kerja sama internal dan eksternal anggota, dan etika pemasaran. Adapun dampak dari program KUBE ini dapat dilihat dari dampak ekonomi meliputi membantu meningkatkan permodalan, memperluas keilmuan dalam pemasaran, pemasaran lebih luas, terpenuhinya kebutuhan ekonomi, pendidikan dan kesehatan, dan menciptakan lapangan usaha kelompok. Dampak sosial yang dirasakan masyarakat sekitar meliputi memberikan bingkisan menjelang lebaran Idul Fitri, mengadakan Jum’at berkah, dan akses pemesanan mudah. Kegiatan-kegiatan tersebut yang masih dijalankan di KUBE Sejahtera XVIII YKKT 024 Wirobrajan sehingga menjadikan KUBE Sejahtera XVIII YKKT 024 Wirobrajan menjadi KUBE berprestasi di tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Anggota KUBE Sejahtera XVIII YKKT 024 Wirobrajan, Strategi Peningkatan Ekonomi, Ekonomi Masyarakat
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 29 Jun 2022 15:30
Last Modified: 29 Jun 2022 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51546

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum