AL SA'ADAH 'ALA AL MU'ANAH FI AL RIWAYAH AL FADHILAH LI MUSTAFA LUTFI AL MANFALUTI (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH IJABIYYAH)

Sarrah Nur Layla, NIM.: 16110081 (2022) AL SA'ADAH 'ALA AL MU'ANAH FI AL RIWAYAH AL FADHILAH LI MUSTAFA LUTFI AL MANFALUTI (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH IJABIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL SA'ADAH 'ALA AL MU'ANAH FI AL RIWAYAH AL FADHILAH LI MUSTAFA LUTFI AL MANFALUTI (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH IJABIYYAH))
16110081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (AL SA'ADAH 'ALA AL MU'ANAH FI AL RIWAYAH AL FADHILAH LI MUSTAFA LUTFI AL MANFALUTI (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH IJABIYYAH))
16110081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian psikologi positif. Penelitian ini mengkaji tentang kebahagian dalam sebuah penderitaan tokoh Virginie dalam novel Al-Fadhi<lah karya Mustafa> Lutfi> Al-Manfalu>ti. Novel ini menceritakan tentang perjuangan tokoh Virginie dalam melawan penderitaan hidup. Alih-alih merasa putus asa, nilai-nilai kekuatan karakter dan kebajikan justru tumbuh subur di dalam dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaman kekuatan karakter dan kebajikan serta kekuatan khas (signature strengths) yang dimiliki tokoh Virginie dengan menggunakan teori psikologi positif yang dipopulerkan oleh Martin Seligman dan Christopher Peterson. Melalui tulisan ini, pembaca khususnya peneliti akan lebih memahami bagaimana eksistensi kebahagiaan dalam sebuah kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pembacaan novel, kemudian mengumpulkan dan mencatat data dari sumber tertulis. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif analitis, yaitu mendeskripsikan fakta-fakta pada objek yang diteliti kemudian melakukan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 6) Kekuatan karakter dan kebajikan yang dimiliki tokoh Virginie tidak utuh sesuai dengan teori kebahagian Martin Seligman. Dari seluruh kekuatan karakter yang berjumlah 26 karakter, hanya 6 karakter yang tidak dimilikinya, yaitu: rasa ingin tahu, rendah hati, keadilan, dan kepemimpinan. Adapun karakter-karakter yang dimilikinya berjumlah 21 karakter, yakni: spiritualitas, apresiasi terhadap keindahan dan keunggulan, harapan, rasa syukur, humor, cinta belajar, perspektif, berpikiran terbuka, kreativitas, integritas, keberanian, kegigihan, ketahanan, cinta, kebaikan, kecerdasan sosial, atur diri, memaafkan dan kasih sayang, kebijaksanaan, dan kewarganegaraan. Ketidaklengkapan dari 26 kekuatan karakter ini tidak mempengaruhi kualitas kebahagiaan yang dimiliki oleh tokoh Virginie. Meskipun di akhir cerita ia harus meninggal di usia muda, meskipun demikian peneliti melihat adanya manfaat dari kekuatan karakter yang dimilikinya. 2) kekuatan khas yang dimiliki tokoh Virginie ada dua, yaitu: spiritualitas dan apresiasi terhadap keindahan dan keunggulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Uki Sukiman, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kebahagiaan, Virginie, Al-Fadilah, Psikologi Positif, Seligman
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 30 Jun 2022 13:44
Last Modified: 30 Jun 2022 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51552

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum